IAI Serahkan 100 Baju Hazmat untuk RSD Gunung Jati

oleh -174 views
PEDULI: IAI Kota Cirebon menyerahkan 100 baju hazmat lengkap dengan boot cover serta 10 liter hand sanitizer kepada Rumah Sakit Daerah Gunung Jati, Selasa (31/3) siang. FOTO: ADE GUSTIANA/ RADAR CIREBON

CIREBON – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Cirebon menyerahkan 100 baju hazmat lengkap dengan boot cover serta 10 liter hand sanitizer (HS) kepada Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati, Selasa (31/3) siang. Alat pelindung diri (APD) yang didonasikan merupakan kepedulian IAI terhadap petugas medis sebagai garda depan RSDGJ dalam penanganan Covid-19. Mereka bertaruh nyawa demi menyembuhkan pasien dalam pengawasan (PDP) atau yang positif terinfeksi.

Dijadwalkan, IAI Kota Cirebon juga akan menyerahkan 50 baju hazmat beserta boot cover serta 15 liter hand sanitizer dalam jeriken dan 60 botol HS kemasan 100 ml, Kamis (2/4). Itu didonasikan kepada 22 puskesmas dan akan diserahkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Dinas Kesehatan.

Ketua IAI Kota Cirebon, Drs Suwarno berharap, donasi dari IAI dapat membantu penanggulangan kegawatdaruratan di RS dan puskesmas. “Ini baru awal. Darurat, mengingat pandemi Covid-19 di Indonesia baru dimulai. Mudah-mudahan kami dari IAI bisa ikut berperan terus dalam menanggulangi Covid-19,” ujarnya kepada Radar Cirebon, Rabu (1/4).

Suwarno mengatakan, sebagai bagian dari warga Indonesia, khususnya bagian dari masyarakat Kota Cirebon, IAI ikut peduli. Dia bersama anggota IAI lain merasa bersyukur karena anggota IAI beserta keluarganya masih diberikan kesehatan.

“Sehingga kami bisa tidur dengan nyenyak. Tetapi tidak bagi saudara-saudara kita yang berstatus ODP, PDP atau positif Covid-19. Petugas kesehatan yang berperan menjaga dan mengawasi serta merawat pasien Covid-19, tentu mereka selalu waswas, begitu juga dengan keluarganya. Karena itulah IAI Kota Cirebon peduli,” pungkasnya.

RSDGJ sendiri menerima bantuan APD dari donatur. Sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, banyak masyarakat peduli terhadap keselamatan petugas medis di garda depan tersebut. Bantuan yang datang berawal dari poster yang tersebar di sosial media. Dalam postingan berupa gambar tersebut, menjelaskan bahwa RSD Gunung Jati Cirebon sangat membutuhkan bantuan donasi APD bagi tenaga medis dan pasien dalam penanggulangan Covid-19. 

Di antara APD itu adalah hazmat, goggles, masker N95, sarung tangan bedah panjang, hand sanitizer, dan beberapa barang lainnya. Kabag Humas RSD Gunung Jati Arif Wibawa Rumana mengucapkan terima kasih atas kepedulian masyarakat terhadap petugas medis RSDGJ.

“Dalam situasi seperti ini, butuh kerjasama dan kepedulian bersama untuk menangani pasien Covid-19,” kata Arif kepada Radar Cirebon. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *