Bersih-bersih TPA dan Wilayah Argasunya

oleh -133 views
Ade-Penyemprotan Kopi Luhur
KONTRIBUSI: Relawan Peduli Penanggulangan Covid-19 melakukan penyemprotan disinfektan di Baperkam RW 08 Argasunya, Jumat (4/3). FOTO: ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON

CIREBON – Relawan Peduli Penanggulangan Covid-19 melanjutkan misi sosial dalam percepatan memutus mata rantai Covid-19 dengan memberikan serta melakukan penyemprotan disinfektan di TPA Kopi Luhur dan RW 08 Kelurahan Argasunya, Jumat (4/3).

Relawan ini terdiri dari berbagai unsur. Mulai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Cirebon, GM FKPPI, Laskar Macan Ali, tukang becak, tukang angkot, pencari barang bekas, dan lain sebagainya.

Koordinator Relawan Peduli Penanggulangan Covid-19, Prabu Diaz mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan pada fasilitas umum. Seperti tempat ibadah, sarana dan prasarana pendidikan, Baperkam, hingga rumah-rumah warga.

Relawan ini membagi 2 shift dalam menjalankan tugasnya. Shift pagi sejak pukul 08.00-15.00 WIB, dan shift sore sejak pukul 15.00-21.00 WIB. Dana yang terkumpul untuk membeli disinfektan berasal dari urunan masing-masing relawan. Tidak hanya wilayah Kota Cirebon, Relawan Peduli Penanggulangan Covid-19 telah melakukan hal serupa di Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, serta Kabupaten Kuningan. Mereka tidak memungut biaya, alias gratis.

Selain penyemprotan disinfektan, mereka memberikan edukasi serta himbauan kepada warga. Mengenai cara penularan Covid-19 ataupun menghimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah dan mematuhi himbauan pemerintah untuk physical distancing. Hingga kemarin, ada lebih dari 40 relawan yang bergabung. Di RW 08 dan TPA Kopi Luhur, kurang lebih ada 20 liter disinfektan yang disemprotkan.

“Kami lakukan semata-mata untuk membantu pemerintah dan meminta kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah untuk mengkarantina dini demi menghindari penularan pandemi Covid-19. Bagi masyarakat yang wilayahnya ingin disemprot gratis, silahkan menghubungi kami di posko yang ada di Alun-alun Kasepuhan,” kata Prabu Diaz yang juga Ketua Laskar Macan Ali Cirebon tersebut.

Pembina Relawan Peduli Penanggulangan Covid-19, Drs H RM Abdullah Syukur MSi mengapresiasi dan berterima kasih terhadap para relawan yang terjun langsung di lapangan. Dan kemarin, ia juga nampak hadir serta ikut membantu menyemprotkan disinfektan kepada rumah-rumah warga.

Ia berharap, kebaikan yang dilakukan Relawan Peduli Penanggulangan Covid-19 dapat menular. Dapat di ikuti masyarakat lain, sehingga makin banyak orang yang peduli. “Kami juga berharap kepada masyarakat, mari kita tinggal di rumah, biarkan kami bersama relawan yang membersihkan Kota Cirebon, yang melakukan disinfeksi terhadap Covid-19,” tutur kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon tersebut.

Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti SOP yang sudah ditentukan pemerintah terhadap penanggulangan Covid-19.

Lurah Argasunya Wisnu yang mendampingi saat itu, berterima kasih kepada relawan yang telah peduli dengan wilayahnya. Ia berharap, kebaikan dan amanah yang dijalankan, dapat menjadi kebaikan bersama. Wisnu juga menginstruksikan warganya untuk saling berkomunikasi jika ada warga luar Kota Cirebon yang datang ke Argasunya, untuk lebih dulu melapor ke RT/RW atau lurah, untuk diteruskan ke tingkat pemerintah kota. “Mudah-mudahan ada relawan lagi yang mau membantu untuk mempercepat penanganan Covid-19 ini,” ucapnya. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *