Pakai Masker, Dua Kuwu PAW Dilantik

oleh -85 views
IST-Pakai Masker Dua Kuwu PAW Dilantik1
DILANTIK: Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hiayat SH melantik Kuwu Singajaya Habib Burohman SH MH dan Kuwu Mundakjaya Surnata bertempat Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu, Jumat (3/4). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Habib Burohman SH MH dan Surnata, keduanya Kuwu Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Singajaya, Kecaman Indramayu dan Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung resmi dilantik Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hiayat SH, Jumat (3/4).

Bertempat Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu, acara pelantikan kedua Kuwu PAW tersebut berbeda dari sebelumnya. Biasanya digelar penuh semarak, namun kali ini dilaksanakan secara sederhana. Menyesuaikan kondisi darurat di tengah upaya pencegahan penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19.

Selama prosesi pelantikan Habib Burohman dan Surnata mengenakan masker. Waktu yang dihabiskan untuk acara pelantikan dan pengambilan sumpah juga terbilang singkat. Karena rangkaian acara dipangkas, seperti sambutan dan pemberian ucapan selamat ditiadakan.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat, mengatakan, kuwu hasil PAW sekalipun bukan dipilih melalui pemilihan serentak tetapi tugas dan kewajibannya sama dengan hasil pemilihan kuwu serentak.

Kuwu harus dapat menjalankan tugas penyelenggaraan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan mempedomani perundang-undangan. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan menanggulangi kemiskinan.

Taufik menambahkan, kuwu yang baru dilantik untuk segera melakukan langkah-langkah penting dalam rangka antisipasi pencegahan Covid-19. Dengan memperhatikan Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa serta Surat Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 6443/50/DPM-DESA tentang Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

“Mari kita bersatu dan komitmen bersama untuk menangulanggi Covid-19 ini. Para Kuwu yang paling tahu keadaan sesungguhnya di masyarakat termasuk para pendatang dan warga miskin di desanya,” tegas Taufik.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Habib Burrohman terpilih menjadi Kuwu Singajaya setelah melalui proses pemilihan kuwu antar waktu yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2020 dengan jumlah peserta 85 orang. Sedangkan Surnata sebagai Kuwu Desa Mundakjaya Kecamatan Cikedung pada tanggal 3 Maret 2020 dengan peserta 121 orang. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *