Polres Majalengka Gelar Simulasi Tactical Floor Game Hadapi Situasi Pasca Penetapan PSBB

oleh -174 views
Polres-majalengka-psbb
Polres Majalengka Gelar Simulasi Tactical Floor Game pasca penetwpan PSBB.

MAJALENGKA – Menghadapi pandemi virus corona, Polres Majalengka menyiapkan strategi jangka panjang. 

Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi Tactical Floor Game (TFG) Sispam Kota Kotijensi dalam Rangka Antisipasi dampak Keamanan dari Kebijakan Pemerintah PP 21/2020 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Rapat koordinasi Tactical Floor Game (TFG) tersebut dipimpin langsung Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso didampingi Wakapolres Kompol H Hidayatullah.

Hadari pada rakor tersebut, Pejabat Utama (PJU) Polres Majalengka, Dandim 0617/Majalengka, Kasat Pol PP, Kadishub Majalengka, BPBD Majalengka, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka. Rapat berlangsung di Gedung Serba Guna Sarja Arya Racana Polres Majalengka.

“Kegiatan TFG ini sebagai bentuk kesiapan kita apabila ke depannya terjadinya hal yang tidak kita inginkan, seperti contohnya tahapan menjadi darurat sipil dan bagaimana upaya yang akan dilakukan oleh TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya,” ujar Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso.

Soal kebijakan pemerintah mengenai penerapan PSBB, AKBP Dr Bismo mengatakan, pada prinsipnya Polri akan membantu penuh kebijakan pemerintah.

“Menghadapi situasi saat ini  mengharapkan kerjasama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, TNI, Satpol PP dan juga dinas terkait lainnya,” katanya.

Kapolres menuturkan, pihaknya terus melakukapengecekan ketersedian bahan pokok.

“Untuk satu minggu ini sudah kami data dan cukup untuk masyarakat di Kabupaten Majalengka, tetapi kami belum bisa memastikan untuk kesiapan bahan pokok satu bulan ke depannya,” tuturnya.

Dijelaskan Kapolres, dalam tactical floor game ini yakni simulasi penanganan ancaman kontijensi yang mulai dari pengamanan dengan eskalasi aman sampai ke eskalasi yang membahayakan seperti penjarahan dan pengrusakan.

“Di dalamnya juga terdapat simulasi pengerahan dalmas awal untuk situasi eskalasi hijau hingga ke pasukan anti huru hara dari Brimob untuk eskalasi merah. Diterapkan juga simulasi lockdown Kabupaten Majalengka jika terjadi situasi yang tidak kondusif dengan menutup akses masuk Kabupaten Majalengka di berbagai titik akses ke Kabupaten Majalengka,” jelasnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *