ASN Peduli Warga Terdampak Corona, Potong Dana Tukin selama Empat Bulan

oleh -139 views
Maman Kostaman

INDRAMAYU-Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Indramayu mengeluarkan kebijakan berupa gerakan kepedulian dampak sosial Covid-19.

Gerakan ini merupakan kepedulian Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Indramayu, dalam rangka mengurangi dampak sosial dari penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu.

Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Indramayu, H Maman Kostaman SH menyebutkan, terobosan ini dijalankan sebagai bentuk empati ASN terhadap masyarakat. Mereka terutama kalangan masyarakat prasejahtera, yang terdampak langsung dari penyebaran Covid-19.

“Nantinya akan ada gerakan sosial dari para ASN. Berupa pemberian paket sembako kepada warga kurang mampu yang terdampak Covid-19,” ujarnya kepada Radar Indramayu, Rabu (8/4).

Dijelaskannya, sumbangan ini berasal dari tunjangan kinerja (tukin) ASN di lingkungan Pemkab Indramayu selama 4 bulan, mulai April hingga Juli 2020. Khusus bagi pejabat fungsional, besaran sumbangan disesuaikan secara proporsional oleh kepala perangkat daerah masing-masing.

“Untuk pejabat eselon II, III dan eselon IV, besar sumbangan berturut-turut adalah sebesar Rp300 ribu, Rp200 ribu dan Rp100 ribu per bulan. Sementara untuk pelaksana sebesar Rp50 ribu per bulan,” tandasnya.

Ia berharap, gerakan ini akan menjalar dan diikuti oleh instansi lainnya. Tidak hanya di lingkungan Pemkab Indramayu, namun juga ke instansi pemerintah lainnya, BUMN/BUMD, pengelola jasa keuangan, lembaga pendidikan, organisasi profesi dan pihak swasta.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa menularkan kebaikan kepada rekan instansi yang lainnya. Setidaknya, ini bisa sedikit meringankan dari beban masyarakat prasejahtera yang terdampak Covid-19,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, dirinya menyampaikan terima kasih kepada Plt Bupati Indramayu, Drs H Taufik Hidayat SH MSi dan Sekda Kabupaten Indramayu H Rinto Waluyo MPd. Tanpa keduanya, gerakan moril yang digagas ASN di lingkungan Pemkab Indramayu tidak akan berarti apa-apa. “Terima kasih kepada Pak Taufik dan Pak Rinto. Dukungan dari beliau, menjadi dorongan semangat bagi ASN untuk sedikit berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Indramayu, Drs H Taufik Hidayat SH MSi sangat mendukung gerakan yang digagas oleh Korpri. Ia pun mendukung langkah ASN di lingkungan Pemkab Indramayu, dengan memberikan surat dukungan rekomendasi yang telah ditanda tangani. “Kami sangat mendukung gerakan ini, meski harus tetap dikelola dengan transparan, bertanggungjawab, dan sesuai regulasi. Karena gerakan ini menjadi kesempatan bagi ASN, untuk saling peduli dan berbagi dengan warga yang terdampak Covid-19,” pungkasnya. (dun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *