Longsor Salajambe Kuningan, 45 Rumah Warga Terdampak

oleh -290 views
Longsor-desa-ciberung-salajambe-kuningan
Salah satu rumah warga yang tertimbun longsor di Desa Ciberung, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan, Jumat (10/4/2020).

KUNINGAN – Longsor akibat hujan deras dilaporkan terjadi di Desa Ciberung, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan. Hingga kini belum ada penanganan pihak terkait.

Menurut Entris Sutrisman, warga Selajambe, longsor terjadi Kamis malam (9/4/2020) berasal dari tebing di seberang Sungai Cijolang yang tingginya sekitar 100 meter dan lebar sekitar 150 meter.

“Tebing itu longsor dan jatuh ke sungai Cijolang, sehingga air terbendung dan naik ke pemukiman warga RT 14 Dusun Walahar Desa Ciberung Kecamatan Selajambe Kuningan,” kata Entris saat dihubungi Radar Kuningan, Jumat (10/4/2020).

Di dusun tersebut, lanjut Entris, tetdapat sebanyak 45 rumah warga, dan sebagiannya saat ini terendam air sekitar 1 meter. 

Berdasarkan keterangan kepala dusun setempat, pada malam itu juga sebanyak 100 orang lebih warga telah diungsikan dan barang-barang baru dipindah pada keesokan harinya. 

Hingga Jumat siang, belum ada penanganan dari pihak terkait. Warga pun meminta agar pihak terkait segera mendatangkan beko ke lokasi, untuk mengeruk longsoran tanah, karena tidak mungkin menggunakan tenaga masyarakat. 

“Harus cepat ada beko untuk mengeruk tanah yang longsor. Kalau sama warga, gak mungkin bisa, harus pakai alat berat,” kata Nendi, salah seorang warga setempat. (muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *