Perantau Dilarang Pulang Kampung

oleh -232 views
DILARANG MUDIK: Forkopimcam Lelea memberi imbauan agar warganya di perantauan tidak mudik untuk mencegah penyebaran virus corona, kemarin(8/4). FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forokopimcam) Lelea, mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi adanya gelombang kedatangan para pemudik pada Lebaran nanti. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Indramayu, khususnya Kecamaran Lelea. 

Jajaran Polsek, Koramil dan Pemerintah Kecamatan Lelea, bersama Pemerintah desa terjun langsung ke masyarakat menyampaikan imbauan ke warga.

Warga diminta untuk menyampaikan imbauan pemerintah tersebut kepada sanak saudara, maupun kerabat yang sedang merantau atau tinggal didaerah lain. 

“Kepada warga yang memiliki sanak famili maupun kerabatnya berada didaerah lain. Warga juga diminta untuk memberikan pemahaman kepada keluarganya yang ada disana. Ini demi untuk mencegah penyebaran virus corona. Karena kita tidak tahu, mereka yang pulang kampung positif atau tidaknya terpapar virus corona,” ujar Kapolsek Lelea AKP Ryan Faisal SIK, Rabu (8/4). 

Langkah cepat Forkopimcam Lelea itu, kata Ryan, menindak lanjuti seruan pemerintah pusat. Bahkan dari Ormas Islam maupun lembaga lainnya turut menyerukan imbauan larangan mudik atau pulang kampung. Imbauan larangan mudik juga disampaikan melalui  spanduk dan baliho serta selebaran.

“Di samping itu, kami juga menghimbau warga masyarakat Kecamatan Lelea, untuk tidak meninggalkan rumah dan tidak melakukan perjalanan keluar daerah, terkhusus daerah yang dinyatakan zona merah pandemi covid-19. Ini kita lakukan guna mencegah penyebaran virus corona,” terangnya.

Sementara Camat Lelea Hatta Direja SSTP,  berharap sekaligus menghimbau kepada seluruh warga Lelea yang berada dimana saja untuk senantiasa mematuhi peraturan pemerintah yang telah dikeluarkan. Warga juga diminta agar menerapkan dan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. “Kami mengimbau kepada warga Lelea yang ada di perantauan untuk tidak mudik atau pulang kampung dulu selama wabah virus corona. Sayangi orang tua, istri atau suami dan anak, serta saudaranya yang di desa. Semoga virus corona cepat berlalu dan hilang di Indonesia,” kata Hatta, didampingi Danramil 1612 Lelea Kapten Infantri Daryanto. (kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *