Pemkab Majalengka Galang Donasi Sejuta Masker

oleh -98 views
pemkab donasi masker
MASKER UNTUK WARGA: Pemerintah Kabupaten Majalengka membagikan masker ke para camat untuk kemudian dibagikan ke setiap desa, kemarin (12/4). FOTO: ONO CAHYONO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka melakukan penggalangan dana untuk pengadaan sejuta masker yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Selain menghimpun dana, Pemkab Majalengka sudah membagikan 26 ribu masker tahap pertama yang disebar di setiap kecamatan se-Kabupaten Majalengka, Minggu (14/4).

Kegiatan pembagian masker tersebut secara simbolis diserahkan di Kantor Dinas Sosial. Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd menjelaskan, penggalangan donasi ini difokuskan pada pengadaan masker yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Pihaknya mengajak kepada semua lapisan masyarakat agar bahu-membahu menyisihkan sebagian rezekinya untuk membeli atau membuat masker.

“Kami mengajak eksekutif, legislatif, pengusaha, BUMD, perusahaan, OKP, LSM, ormas dan komponen masyarakat lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan sejuta masker ini,” kata Bupati, Minggu (14/4).

Anggaran APBD Majalengka yang saat ini sudah dianggarkan untuk pengadaan masker. Namun itu tidak akan mencukupi jika diperuntukan bagi seluruh masyarakatnya dari mulai warga kota hingga di pelosok pedesaan.

Gerakan sejuta masker ini untuk meringankan beban warga yang belum memiliki masker atau kesulitan mendapatkannya, di tengah wabahnya Covid-19.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka, Drs Agus Permana MM menambahkan, pembagian ribuan masker ini merupakan tahap pertama. Penyerahan ini akan berkelanjutan pada tahap selanjutnya.

“Meski ada bantuan dari pemerintah daerah hal itu tidak akan mencukupi tanpa adanya gotong royong dari semua unsur masyarakat,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, saat ini pembagian 1.000 masker untuk 26 kecamatan. Anggarannya bersumber dari APBD Majalengka. Pemkab Majalengka sangat mendorong masyarakatnya untuk mengenakan masker di tengah pandemi corona. 

“Karena berdasarkan penelitian ilmiah menunjukkan, dampak positif dari pemakaian masker itu yakni mampu mencegah penyebaran virus corona. (ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *