Pesta Narkoba, 19 ABG Diamankan

oleh -1.070 views
BARANG BUKTI: Tim gabungan TNI-Polri dan pemuda karang trauma menyita barang bukti obat-obatan terlarang dari rumah kontrakan di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Rabu (15/4) malam. Foto: IST

KUNINGAN – Sebanyak 19 muda-mudi diduga melakukan pesta narkoba di rumah kontrakan di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Rabu (15/4) malam. Mereka digerebek dan diamankan petugas gabungan dari Koramil dan Polsek Lebakwangi bersama pemuda karang taruna.

Berdasarkan informasi dihimpun, penggerebekan tersebut bermula dari laporan pemuda Karang Taruna Desa Manggari yang mencurigai keberadaan sekelompok anak muda di salah satu rumah kontrakan kepada petugas yang tengah berjaga di simpang Oleced. Berbekal informasi tersebut, petugas pun langsung mendatangi tempat kos tersebut untuk melakukan pengintaian.

“Awalnya anggota kami Serda Totoh bersama pemuda karang taruna mendatangi tempat kos tersebut dan melihat ada aktivitas kerumunan pemuda yang mencurigakan. Dari hasil pengintaian tersebut, anggota pun langsung berkoordinasi dengan anggota Polsek Lebakwangi yang tengah berjaga di Pos Covid-19 dan anggota lainnya untuk melakukan pengepungan tempat kos tadi. Kemudian penggerebekan pun dilakukan. Dan hasilnya kami menemukan banyak obat-obatan terlarang di dalam kamar,” ungkap Danramil Lebakwangi Kapt Kav Suharto kepada Radar, kemarin (16/4).

Rupanya, kata Suharto, kedatangan petugas dari Polsek, Koramil dan pemuda karang taruna serta perangkat desa tersebut mengejutkan kerumunan yang sebagian besar masih berusia ABG tersebut. “Diduga kerumunan tersebut sedang pesta narkoba. Hal ini terlihat saat penggerebekan mereka langsung kalang kabur berusaha menyembunyikan barang haram obat-obatan terlarang ke dalam tumpukan baju, kasur bahkan ada pula yang langsung membuangnya ke kamar mandi,” papar Suharto.

Namun petugas tak kalah siasat dengan melakukan penggeledahan dan pemeriksaan seluruh ruang kamar kos. Hasilnya, petugas mendapati ratusan butir obat-obatan terlarang jenis tramadol, dextro dan trihex serta alat hisap bong di dua kamar kosan tersebut.

“Rupanya suasana sepi social distancing antisipasi Covid-19 dimanfaatkan oleh para ABG ini untuk berkumpul dan mabuk-mabukkan. Beruntung para pemuda karang taruna Desa Manggari sigap melihat gerak-gerik mencurigakan mereka, langsung melaporkannya kepada petugas sampai akhirnya dilakukan penggerebekkan,” ujar Suharto.

Atas temuan itu, lanjut Suharto, petugas pun langsung melaporkannya ke Satuan Narkoba Polres Kuningan yang langsung tiba di lokasi untuk mengamankan para pemuda berikut barang bukti obat-obatan terlarang.

“Setelah kami mengamankan para pelaku, selanjutnya kami serahkan ke pihak kepolisian untuk penegakkan hukumnya. Terkait jumlah barang haram yang ditemukan, kami belum sempat hitung, langsung dibawa penyidik bersama 19 pemuda yang berkerumun tersebut,” ujar Suharto.

Sementara itu, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik mengatakan kasus tersebut tengah dalam penanganan anggota Satnarkoba. Seluruh pemuda yang diamankan dalam penggerebekan tersebut hingga Kamis siang (16/4) masih menjalani pemeriksaan anggota.

“Kami mengapresiasi kesigapan anggota Koramil dan Polsek Lebakwangi bersama pemuda karang taruna membongkar praktik peredaran dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Kini semua yang ada dalam kerumunan tersebut sudah dibawa ke polres dan kini tengah dalam pemeriksaan anggota dari Satnarkoba. Yang pasti kami tidak main-main dalam memberantas peredaran narkoba di Kabupaten Kuningan,” tegas Lukman. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *