3 Langkah Gojek Bantu Masyarakat dan Mitra selama PSBB Jawa Barat

oleh -163 views
gojek-psbb-jawa-barat
Pemeriksaan suhu tubuh mitra di Check Point Gojek.

BANDUNG – Menyusul pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh Provinsi Jawa Barat  mulai tanggal 6 Mei hingga 19 Mei 2020.  Gojek terus berada di garda terdepan untuk penuhi kebutuhan masyarakat selama masa PSBB.

VP Regional Gojek Jabar Banten Becquini Akbar mengungkapkan, Gojek telah mempersiapkan sejumlah langkah agar dapat terus beroperasi sebaik mungkin dengan tetap mengutamakan keamanan dan kesehatan mitra dan pelanggan, terutama di masa pasca pemberlakuan PSBB.

“Masyarakat akan semakin membutuhkan jasa pesan antar makanan dan bahan pokok agar dapat terus memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa PSBB ini,” ujar Bacquini, dalam press release yang diterima Radar Cirebon, Rabu (6/5).

Disampaikan dia, peningkatan kebutuhan terhadap jasa antar makanan dan barang pokok ini juga akan membantu mitra driver Gojek untuk tetap mendapatkan penghasilan, mengingat layanan angkut penumpang transportasi roda dua atau GoRide  dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Namun demikian, layanan transportasi roda empat, GoCar dan GoBluebird, tetap hadir dengan pembatasan penumpang maksimal dua orang dan satu driver per unit kendaraan.

Penumpang diwajibkan duduk di kursi penumpang bagian belakang agar physical distancing tetap terjaga, menggunakan masker, dan mengikuti panduan keamanan selama perjalanan.

Kesiapan Gojek selama PSBB mencakup peningkatan layanan dan penyesuaian produk yang berfokus pada tiga langkah utama, yaitu:

  1. Gojek membantu masyarakat untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui layanan GoFood, GoMart, GoShop dan GoSend
  2. Gojek optimalkan ‘Posko Aman Bersama Gojek’ di Jawa Barat Sebagai checkpoint protokol kesehatan mitra driver.
  3. Gojek terus meningkatkan imbauan protokol keselamatan dan kesehatan untuk melindungi para mitra driver dalam melayani merchant dan pengguna layanan Gojek dari risiko paparan COVID-19.

Layanan GoFood tidak hanya menghubungkan masyarakat dengan ratusan ribu aneka menu makanan siap santap dari puluhan ribu mitra merchant yang tergabung dalam GoFood, tapi juga menu siap masak diantaranya yang disediakan oleh lebih dari 650 restoran di Bandung, Depok, Bogor, dan Bekasi, untuk memberikan pilihan menu praktis selama pandemi COVID-19 ini dan dapat dengan mudah diakses melalui kategori ‘Siap Masak’ pada layanan GoFood.

Selain itu, dengan mengakses kategori “Kebutuhan Harian” di layanan GoFood, masyarakat Bogor, Depok dan Bekasi dapat berbelanja kebutuhan makanan dan aneka kuliner lainnya di gerai Alfamart, Family Mart dan Circle K.

Tak hanya itu, selama masa pandemi COVID-19 ini, berbelanja bahan pokok dari Pasar Mitra Tani di bawah binaan Kementerian Pertanian RI di Bogor, Bekasi dan Depok bisa melalui layanan GoFood. Semua kegiatan belanja ini dapat dilakukan #dirumahaja.

Layanan GoMartMasyarakat di berbagai kota Jawa Barat juga  dapat tetap berbelanja kebutuhan harian dari rumah  di gerai Alfamart Bandung, Bogor, Depok dan Bekasi melalui layanan GoMart.

Layanan GoShop, solusi belanja kebutuhan pokok dan harian secara daring di 52 pasar rakyat dan modern yang tersebar di wilayah Jawa Barat. GoShop merupakan layanan Gojek untuk membeli berbagai kebutuhan dari lokasi mana pun dan telah tersedia di seluruh Indonesia.

Salah satunya adalah layanan berbelanja bahan pokok di pasar rakyat dan modern di  kota-kota di Jawa Barat: 6 pasar rakyat di Bogor dan Sentul, 6 Pasar rakyat di Depok, 12 pasar rakyat dan pasar modern di Bekasi, 16 pasar rakyat di Bandung, 2 pasar rakyat Karawang, 2 pasar rakyat di Purwakarta,  8 pasar rakyat di Cirebon. 

Selama pandemi COVID-19, Gojek telah membuka ‘Posko Aman Bersama Gojek’ yang kini dioptimalkan untuk mendukung pemberlakuan PSBB di Jawa Barat. Sebanyak 18 Posko telah beroperasi di Bandung, Bogor, Depok dan Bekasi.

Melalui posko ini, Gojek membagikan secara gratis masker dan hand sanitizer untuk mitra driver serta melakukan cek temperatur. Selain itu, kendaraan para mitra secara berkala dilakukan disinfeksi di posko ini.

Protokol keselamatan dan kesehatan yang terus ditingkatkan Gojek adalah sebagai berikut:

  • Imbauan penerapan “Kartu Penanda Suhu Tubuh” dalam proses pemesanan makanan di merchant GoFood untuk memastikan pelanggan mengetahui kesehatan dari pihak yang memasak, membungkus, dan mengantarkan makanan.
  • Penerapan prosedur contactless delivery yang membatasi kontak fisik sesuai dengan pedoman physical distancing untuk Layanan GoFood, GoSend dan GoMart. Fitur pengantaran tanpa kontak langsung, dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik, serta mengimbau untuk selalu melakukan pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay untuk bertransaksi dengan layanan ini.
  • Imbauan penerapan protokol food safety agar merchant menjaga kebersihan dapur dan operasional restoran yang dilengkapi oleh imbauan  penggunaan segel keamanan (safety seal) pada makanan agar terisolasi dari udara luar.
  • Pasca Penerapan PSBB di beberapa kota, Gojek juga terus mengimbau kepada mitra merchant agar:
  • Menyediakan masker wajah, masker kepala, sarung tangan, dan penjepit kemasan makanan
  • Membersihkan area operasional, fasilitas, dan perangkat di resto
  • Menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun
  • Memastikan makanan matang, serta dipanaskan dan diolah dengan benar
  • Memulangkan karyawan yang sedang sakit (demam, flu, batuk, diare)
  • Menyediakan area antrian dengan jarak minimal 1 meter antar setiap orang
  • Menerapkan prosedur keamanan dari Kementerian Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *