Cumi Goreng Tepung Saus Padang, Nikmat untuk Buka dan Sahur

oleh -49 views
cumi
LEZAT: Cumi goreng tepung saus padang cocok sebagai menu berbuka dan sahur. FOTO: KHAIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON

CUMI-cumi merupakan satu dari sekian banyak makanan laut yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak, dengan tekstur kenyal yang khas, membuat cumi-cumi menjadi sajian spesial saat dihidangkan bersama dengan nasi.

Dengan rasa dan tekstur yang sudah familiar di lidah orang Indonesia, cumi-cumi bisa diolah dengan beragam cara. Salah satunya dihidangkan bersama dengan saus padang yang pedas dan gurih.

Di bulan suci Ramadan ini, sajian cumi saus padang  bisa dengan dihidangkan dengan mudah di rumah. Baik untuk berbuka puasa, maupun untuk sahur.

Agar tetap hemat dan nikmat, pembaca bisa mencoba memasak sajian cumi saus padang sendiri dengan resep ini di rumah.

Siapkan, 250 gram cumi yang sudah dibersihkan. Bahan pencelup  berupa, 75 gram tepung terigu, 150 ml air es (harus air es agar), ½ sendok teh garam. Kemudian bahan pelapis berupa 180 gram tepung terigu, 2 sendok makan tepung beras, 1/2 sendeok teh baking powder, 1/2 sendok teh garam. Selain itu bumbu halus yakni 3 buah cabai merah keriting, 3 siung bawang putih, dan 2 centimeter jahe. Siapkan juga bumbu tumis, yakni 1 buah bawang bombay, iris memanjang, 2 buah cabai merah besar, 1 sendok makan saus tiram, 6 sendok makan saus tomat, 2 sendok makan saus sambal, 1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh gula pasir, 1/2 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 1 sendok makan air, 2 batang daun bawang, potong miring 350 ml air, dan 2 sendok makan margarin.

Cuci-cumi dipotong-potong dan direndam sebentar kurang lebih 15 menit. Aduk rata semua bahan pencelup dan pelapis. Gulingkan cumi ke bahan pelapis, kemudian celup ke bahan pencelup, terakhir gulingkan lagi ke bahan pelapis. Goreng di atas api sedang sampai matang. Kemudian, panaskan margarin, tumis bawang bombay, cabai merah besar dan bumbu halus hingga harum. Masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, garam, merica bubuk, aduk rata. Tuang air, masak sampai mendidih. Masukkan daun bawang. Aduk rata. Tambahkan larutan tepung maizena. Masak sampai meletup dan angkat. Tata cumi di atas piring, siram dengan saus padang. Selamat mencoba! (awr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *