Obama Serang Trump, Nilai Penanganan PandemiCovid-19 Kacau Balau

oleh -95 views
BARACK-OBAMA
KRITIK TRUMP: Mantan Presiden AS, Barack Obama (tengah) mengkritik pemerintahan Donald Trump yang dinilainya gagal dalam penanggulangan Covid-19 di AS. Foto: AFP

WASHINGTON – Mantan Presiden Barack Obama menggambarkan penanganan Presiden Donald Trump terhadap pandemi Virus Corona (Covid-19) di Amerika Serikat kacau balau. Kritik tersebut diungkapkan Obama ketika melakukan pembicaraan jarak jauh dengan para mantan anggota pemerintahannya, kemarin.

Obama telah menarik diri dari keributan saat Trump menyalahkan dia dan pemerintahannya atas berbagai masalah terkait dengan persediaan peralatan medis untuk memerangi pandemi, yang telah menewaskan lebih dari 75.000 warga Amerika.

Dalam seruannya kepada 3.000 anggota Asosiasi Alumni Obama, yaitu orang-orang yang bertugas dalam pemerintahannya, Obama mendesak para pendukungnya untuk mendukung calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden, yang mencoba untuk mengalahkan Trump dalam pemilihan 3 November mendatang.

Obama mengatakan, pemilihan umum sangat penting karena apa yang akan kita lawan bukan hanya individu atau partai politik tertentu. ”Apa yang kita lawan adalah kecenderungan jangka panjang di dalam kehidupan warga AS yang menjadi egois, serta melihat orang lain sebagai musuh,” terangnya.

Dia mengatakan, ini adalah salah satu alasan mengapa respons terhadap krisis global ini sangat kurang. ”Pandemi akan bertambah buruk, bahkan dengan upaya terbaik dari pemerintah. Pandemi ini menjadi bencana yang sangat kacau ketika pola pikir seperti apa untungnya bagi saya digunakan di dalam pemerintah,” ujar Obama.

”Itu sebabnya, saya akan menghabiskan waktu sebanyak mungkin dan melakukan kampanye dengan gigih untuk Joe Biden,” kata dia.

Terkait tudingan ini, Juru Bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan, tanggapan Trump menegaskan, Trump mampu menyelamatkan nyawa warga Amerika. ”Ini dibuktikan dengan jajak pendapat nasional menunjukkan persaingan ketat antara Trump dan Biden di enam bulan tersisa sampai pelaksanaan Pemilu,” jelasnya.

Serangan yang disampaikan Obama, bagi gedung putih merupakan hal biasa. Ini merupakan kritik yang harusnya dicermati dengan data-data. Bagaimana Trump melakukan sejumlah langkah strategis.

”Bukan waktunya untuk berdebat, tapi bagaimana mengatasinya. Semua harus bekerja, apakah ini menjadi komoditas politik, itu pasti. Dan sudah terbukti, Obama sudah memainkan perannnya,” jelas Kayleigh McEnany. (ful/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *