Waspada Cuaca Ekstrem Dua Hari ke Depan

oleh -825 views
prakiraan-cuaca-cirebon
Prakiraan cuaca wilayah Kota Cirebon. Sumber: BMKG

CIREBON – Cuaca ekstrem berpotensi terjadi dua hari ke depan di wilayah Cirebon. Hujan deras disertai angin kencang diprediksi terjadi di wilayah Ciayumajakuning.

Kondisi ini, berlangsung merata di hampir seluruh Pulau Jawa, masyarakat diimbau waspada. “Waspadai potensi hujan disertai angin kencang hingga 22 Mei 2020. Untuk selanjutnya, cuaca akan kembali normal,” ujar Forecaster stasiun BMKG Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn, kepada Radar Cirebon, Kamis (21/5).

Menurutnya, berdasarkan peringatan dini cuaca yang dirilis BMKG pusat, ada daerah tekanan rendah/LPA, terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera, yang membentuk konvergensi memandang di Samidera Hindia Barat Daya Lampung, hingga perairan barat Lampung, dan belokan angin di sekitar Sumbar, Bengkulu, Sumses, Babel, dan Kalimantan.

Baca Juga:

Cuaca Ekstrem, Tenda Pos Covid-19 Terbang

Puting Beliung Terjang Dua Kecamatan di Tulang Bawang

Sehingga kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah tersebut, serta mampu menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) di sekitar sistem, yakni di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera, dan Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tengaara dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai >25 knots.

Untuk presisi cuaca di Kota Cirebon sendiri, potensi hujan cukup merata di lima kecamatan, dengan prediksi dimulainya hujan pada sore menjelang malam hari. (azs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *