Keteladanan Pemimpin Muslim Dalam Berzakat

oleh -62 views
zakat-baznas-kota-cirebon
Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati menunaikan zakat di Ruang Adipura Balaikota Cirebon. Foto: Abdullah/Radar Cirebon

CIREBON – Zakat menjadi salah satu solusi menyelesaikan persoalan umat. Apalagi, potensi zakat khususnya di Kota Cirebon mencapai Rp10,5 miliar.

Sayangnya, perolehan ini belum dapat dioptimalkan. Namun, dengan keteladanan pemimpin dalam menunaikan zakat, diharapkan dapat dicontoh masyarakat.

Karenanya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon melalui program keteladanan pemimpin muslim berzakat menggugah kesadaran pemimpin di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon.

Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati turut menyetorkan langsung zakatnya di Ruang Adipura, melalui program layanan pembayaran zakat pemimpin daerah.

Pembayaran zakat diikuti jajaran eselon II dan III. Diantaranya hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Sutisna MSi, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Drs Sumantho, Staf Ahli Walikota R Henda dan Jamaludin.

Eti mengapresiasi layanan zakat pimpinan daerah, karena ini bagian dari upaya Baznas mendorong Pemerintah kota Cirebon untuk memberikan keteladanan dalam berzakat.

“Saya mengapresiasi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon yang telah menunaikan zakat melalui Baznas Kota Cirebon,” kata Eti, kepada Radar Cirebon, Sabtu (23/5).

Disampaikan dia, di Kota Cirebon potensi zakat mencapai Rp10,5 miliar. Tentu saja potensi ini perlu terus digali.

Dengan demikian zakat yang terkumpul bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Apalagi di tengah pandemi covid-19 saat ini, kehadiran Baznas juga sangat dibutuhkan.

Ketua Baznas, M Taufik SAg mengapresiasi Pemerintah Kota Cirebon yang telah menunjukkan keteladanan dalam membayar zakat.

Bahkan program keteladanan berzakat ini sebenarnya adalah program nasional Baznas yang digagas mulai Presiden Jokowi dan diikuti gubernur dan bupati /walikota Se-Indonesia.

“Keteladanan berzakat ini sebenarnya program nasional yang digagas langsung presiden Jokowi,” tandasnya. 

Baznas lembaga zakat yang dilindungi UU merupakan lembaga amil zakat yang sah dibentuk oleh pemerintah. Disinggung perolehan zakat sampai Jumat malam terkumpul Rp357.9333.000. “Angka ini akan terus bergerak hingga malam menjelang salat idul fitri. (abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *