Masjid Agung Indramayu Tidak Menggelar Salat Id

oleh -109 views
Masjid-Agung-Indramayu-Resmi-Tidak-Menggelar-Salat-Id
Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Agung Indramayu resmi mengumumkan Masjid Agung Indramayu tidak menggelar salat Id. Foto: Jamal/radarindramayu.id

INDRAMAYU – Masjid Agung Indramayu tidak menggelar salat Id 1441 H/2020, Minggu (24/5). Hal itu setelah resmi dimumkan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Agung Indramayu, Jumat (22/5).

“Benar kami memutuskan tidak menyelenggarakan Salat Id tahun ini. Sebab berdasarkan pemetaan Pemerintah Kabupaten Indramayu bahwa wilayah Kelurahan Margadadi Kecamatan Indramayu masuk zona merah,” papar Ustad Ramdan Pengurus DKM Masjid Agung Indramayu kepada radarindramayu.id saat dikonfirmasi via WA.

Meskipun demikian, khusus untuk Amil Zakat, pertimbangan ketua DKM akan tetap membuka pengelolaan zakat untuk memfasilitasi masyarakat di sekitar Masjid Agung Indramayu. Namun, dalam pelaksanaannya tetap menggunakan protokol kesehatan yang berlaku dalam upaya pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19.

“Untuk Amil Zakat kita tetap buka demi memfasilitasi orang di sekitar Masjid Agung untuk berzakat. Pertimbangan Ketua DKM bahwa kasihan kalau unit pengelolaan zakat ditutup. Ini untuk melayani masyarakat sekitar masjid untuk berzakat. Tapi tetap menggunakan protokol kesehatan seperti pakai masker, cek suhu dan cuci tangan,” terangnya lebih lanjut.

Keputusan tersebut diambil dengan memerhatikan dan memertimbangkan bahwa kegiatan zakat fitrah berbeda dengan ibadah salat berjamaah. Jika zakat fitrah hanya sedikit orang, sedangkan salat berjamaah menciptakan kerumunan orang.

“Kalau orang berzakat datangnya tidak bersamaan tapi satu demi satu dan tidak lama, jadi tidak menyalahi aturan PSBB untuk larangan berkumpul. Berbeda dengan ibadah salat yang berkumpul,” tandasnya. (jml/mgg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *