Tidak Hanya At Taqwa, Masjid-masjid di Kota Cirebon Mulai Gelar Salat Jumat

oleh -1.032 views
salat-id-masjid-attaqwa

CIREBON – Selain At Taqwa, masjid-masjid di Kota Cirebon mulai hari ini (29/5), dipastikan menggelar salat Jumat. Kepastian itu disampaikan Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Cirebon, Didi Sunardi, Kamis (28/5) malam.

Menurut Didi, dimulai kembalinya penyelenggaraan salat Jumat di masjid-masjid Kota Cirebon berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah dengan elemen ormas Islam di Islamic Center Kota Cirebon, Kamis (28/5) malam. Hadir dalam musyawarah seperti MUI, perwakilan ormas Islam di Kota Cirebon seperti NU, Muhammadiyah, Al Irsyad, At Taqwa Center, dan tokoh masyarakat.

Baca juga:

Kalau Besok Masjid Raya At Taqwa Jadi Selenggarakan Salat Jumat, Jamaah Harus Perhatikan Ini

Kesepakatan hasil musyawarah dituangkan dalam bentuk berita acara yang ditandatangani ketua dan sekretaris DMI Kota Cirebon. Dengan catatan, kata Didi, masjid yang menyelenggarakan salat Jumat harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Protokol kesehatan yang wajib diperhatikan adalah:

  1. Memakai Masker;
  2. Mencuci tangan;
  3. Pengukuran suhu tubuh;
  4. Membawa sajadah sendiri;
  5. Jaga Jarak/Hindari kerumunan;
  6. Khatib berkhutbah lebih singkat;
  7. Imam Jumat tidak memanjangkan sementara bacaannya;
  8. Tidak bersalam-salaman dulu;
  9. Setelah berdoa, jamaah segera kembali ke tempat masing-masing.

Berita acara hasil kesepakatan musyawarah DMI dengan MUI dan sejumlah ormas Islam itu sudah disampaikan ke Walikota Cirebon Nashrudin Azis. “Setelah musyawarah kita silaturrahim ke walikota sekalgus menyampaikan berita acara penyelenggaraan salat Jumat,” kata Didi.

Menurut Didi, walikota merespons positif dengan berita acara mengenai salat Jumat yang akan digelar di masjid-masjid Kota Cirebon. “Walikota dalam kapasitasnya tidak melarang atau membolehkan, tapi merespons positif hasil kesepakatan musyawarah kami,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum At Taqwa Center DR H Ahmad Yani MAg mengatakan, kemungkinan besar salat Jumat akan kembali dibuka. Namun masih harus berkoordinasi dengan banyak pihak.

“Melalui ajudannya, Pak Wali (Walikota Nashrudin Azis, red) mengiyakan. Sementara Polres Cirebon Kota belum mengiyakan,” ujarnya kepada Radar, Kamis (28/5).

Keputusan lebih lanjut, ia meminta waktu bakda Asar sore ini (28/5). Ahmad Yani akan kembali berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Termasuk dengan Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda.

Berdasarkan keterangan Didi Sunardi, Polres Cirebon Kota lewat Unit Binmas sudah melayangkan surat ke At Taqwa Center. Polres Cirebon Kota membolehkan pelaksanaan salat Jumat dengan syarat menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *