“Menemani” Tim Laboratorium Covid-19 FK-UGJ Memeriksa Sampel Swab

oleh -523 views
laboratorium-covid-19-fk-ugj
Proses ekstraksi sampel swab sebelum dilakukan pekeriksaan menggunakan RT-PCR. Foto: Okri Riyana/Radar Cirebon

MELANGKAHKAN kaki ke ruangan ini, jantung saya berdegup kencang. Di sinilah sampel swab tes masal maupun pasien diperiksa. Bagaimana kalau ada yang positif covid-19? Waduh! Itulah yang terbayang di kepala orang awam seperti saya.

Tapi di ruangan ini, Tim Laboratorium Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (FK-UGJ) setiap harinya bekerja. Memeriksa sampel swab yang terus berdatangan setiap harinya.

Kedatangan saya, tentu sudah mengikuti prosedur untuk berada di fasilitas itu. Mereka juga bekerja dengan standar ketat agar tidak terpapar. Buat saya, tentu juga sudah diatur. Di ruangan mana saja yang boleh dimasuki dan tidak. Juga bagaimana “bertindak-tanduk” di laboratorium dengan Bio Safety Level (BSL)-2 tersebut.

Menyaksikan mereka bekerja, adalah sebuah pengalaman tersendiri. Lewat rangkaian foto dan laporan pandangan mata ini, saya ingin menyampaikan kepada masyarakat apa yang dilakukan para tenaga laboratorium itu setiap harinya. Bagaimana mereka bekerja. Dan seperti apa peralatan yang digunakan.

Selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *