Rob Tenggelamkan Ratusan Hektare Tambak Pesisir Indramayu

oleh -394 views
Rob-Rendam-Ratusan-Hektare-Tambak-Pesisir-Indramayu
Sejumlah permukiman warga di Desa Pabeanilir Blok Tegur, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, terendam air pasang dari laut Tiris setinggi 40 cm, Rabu (3/6). Foto: Jamal/Radar Indramayu

INDRAMAYU – Ratusan hektare tambak di Desa Pabeanilir Blok Tegur, Kecamatan Pasekan dan Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, terendam rob karena air pasang dari pesisir pantai utara Kabupaten Indramayu. Bahkan rob masuk hingga ke permukiman warga setinggi di kisaran 40 sentimeter, Rabu (3/6).

“Mulai pukul 17.00 sore ini air mulai naik dari Pantai Tiris sampai ke permukiman warga di RT 16, 17, dan 18 RW 05 Desa Pabean Ilir Blok Tegur Kecamatan Pasekan dengan ketinggian 40 cm. Ratusan hektare tambak tenggelam rata seperti lautan,” papar Carikam (45) pengelola wisata Pantai Tiris Desa Pabean Ilir Blok Tegur Kecamatan Pasekan.

Kondisi serupa juga terjadi di wilayah pesisir pantai Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu. Ratusan hektare tambak tenggelam akibat air pasang itu. Bahkan air pasang juga menggenangi sejumlah permukiman warga.

“Benar mulai sore pukul 16.30 WIB air sudah mulai naik di pesisir pantai Karangsong. Ratusan tambak ikut tenggelam. Permukiman warga juga ikut terendam setinggi 50 cm,” kata Kusnanto (24) Warga Desa Karangsong.

Hilir sungai Cimanuk di Desa Brondong, Kecamatan Pasekan, juga ikut meluap. Puluhan hektare persawahan terancam gagal panen akibat cuaca buruk yang melanda belakangan ini.

Meskipun begitu, kondisi ini justru dianggap menguntungkan bagi para kuli nelayan jaring. Mereka memasang perangkap jaring di saluran air dan berhasil menangkap ikan hingga mendapatkan 40 kg. Ikan berasal dari tambak yang jebol.

Menanggapi fenomena air pasang akibat cuaca buruk ini, Anggota Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) yang terdiri dari Camat Pasekan, Polsek Pasekan, dan Koramil Pasekan langsung memantau lokasi kejadian di Desa Pabean Ilir Blok Tegur Kecamatan Pasekan. (jml/mgg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *