PLN Buka Posko Pengaduan Tagihan Listrik

oleh -452 views
TERIMA PENGADUAN: PT PLN (persero) UP3 Cirebon membuka posko layanan pengaduan di Kantor ULP di wilayah Sumber, Cirebon Kota, Ciledug, Cilimus dan Kuningan. FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON – PT PLN (persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cirebon membuka posko layanan pengaduan di Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Cirebon di wilayah Sumber, Cirebon Kota, Ciledug, Cilimus dan Kuningan.

Layanan pelanggan ini untuk menanggapi keluhan pelanggan, atau masyarakat dengan adanya peningkatan tagihan rekening listrik.

Kepada Radar Cirebon, Manager PLN UP3 Cirebon, Suwarno menuturkan, PLN memastikan saat ini tidak ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Dikatakannya, kenaikan tagihan yang dialami oleh pelanggan lebih disebabkan meningkatnya penggunaan konsumsi listrik, akibat adanya pandemi  Covid-19 yang membuat masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah.

“Posko pengaduan ini sebagai bentuk pelayanan PLN terhadap pelanggan sekaligus keseriusan PLN dalam menangani isu kenaikan tarif, serta untuk menjawab dan memberikan informasi yang akurat terkait tagihan pelanggan,” ujarnya kepada Radar, Kamis (4/6).

Pada kesempatan itu, Manager Bagian Pemasaran PLN UP3 Cirebon, Taufan P menyampaikan, kenaikan tagihan yang dialami oleh pelanggan disebabkan adanya peningkatan pemaikan konsumsi tenaga listrik selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dan diberlakukannya WFH (Work From Home) atau adanya penambahan selisih kurang tagih rekening akibat perhitungan rata-rata rekening listrik selama tiga bulan terakhir.

“Adanya peningkatan tagihan rekening listrik murni disebabkan adanya peningkatan pemakaian konsumsi tenaga listrik bukan karena adanya isu kenaikan TDL. Pada bulan Mei, PLN kembali baca meter pelanggan sehingga angka yang digunakan untuk rekening di Juni ini merupakan angka pasti dari hasil pemakaian pelanggan,” katanya.

Selain itu, PLN juga memberikan stimulus listrik gratis sesuai dengan instruksi pemerintah melalui Presiden, Joko Widodo. Stimulus ini di antaranya pemberian listrik gratis atau diskon bagi pelanggan rumah tangga bersubsidi.

“Untuk daya 450 VA gratis dan untuk daya 900 VA subsidi diberikan keringanan 50 persen. Program ini kami lakukan dari bulan April hingga Juni 2020,” ujarnya.

Adapun untuk mendukung program ekonomi mikro, PLN lakukan program yang sama untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA dari Mei hingga Oktober 2020.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim juga dapat melalui mekanisme terkait program-program atau pengaduan lainnya melalui contact center PLN 123, Instagram @pln123_official, Twitter @pln_123, Email pln123@pln.co.id serta FB PLN 123.

“Kami berupaya terus meringankan beban masyarakat kurang mampu yang juga terdampak Covid-19 agar sektor ekonomi mikro tetap eksis di masa pandemi. Kami juga tetap bekerja serta layani masyarakat guna berusaha semaksimal mungkin menanggapi dan menindaklanjuti semua pengaduan pelanggan,” tukasnya. (via/opl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *