Gudeg Wadah Besek, Rasanya Bikin Ketagihan

oleh -136 views
GUDEG-WADAH-BESEK
LEZAT: Gudeg Jogjakarta wadah besek. Hidangan yang cocok disantap bersama keluarga pasca Idul Fitri. FOTO: ADE GUSTIANA / RADAR CIREBON

SIAPA yang tidak tahu makanan legenda khas Jogjakarta yang satu ini? Ya, nasi gudeg. Untuk dapat menikmati nasi jenis ini, warga Cirebon dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jogjakarta. Di Cirebon ada nasi gudeg dengan kearifan lokal yang dibungkus menggunakan besek.

Besek merupakan wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Tampilannya sungguh menggoda. Rasanya sudah pasti bikin ketagihan.

Nasi gudeg komplit dalam bungkus besek bisa dinikmati bersama hingga empat orang. Ukurannya jumbo. Sudah pasti membuat kenyang. Gudeg komplit besek dihargai Rp60 ribu. Menu ini bisa didapatkan di Baso dan Es Jamur Global di Desa Beberan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Satu porsi gudeg besek di dalamnya ada sambal goreng krecek, opor ayam, semur telur, dan areh santan. Porsinya yang tidak nanggung, makanan ini cocok disantap bersama keluarga terlebih di suasana pasca Idul Fitri seperti sekarang ini.

Semua lauk pauk disajikan dengan fresh. Terasa renyah dan legit saat lidah dan gigi mulai menggigit. Selain menikmati rasa, makanan ini juga mengingatkan kita dengan suasana Jogjakarta. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *