2.444 Siswa Daftar PPDB Online Tahap 1

oleh -140 views
awr- ppdb sman 5 (1)
VERIFIKASI: Tim Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 5 di hari terakhir pendaftaran tahap pertama, Jumat (12/6). FOTO: KHOIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON

CIREBON – Pendaftaran PPDB Online Tingkat SMA/SMK/SLB tahap pertama telah berakhir, Jumat (12/6) lalu. Sebanyak 2.444 siswa tercatat telah mendaftar di SMAN Negeri di Kota Cirebon dari jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua.

Dari jumlah tersebut, 1.728 diantaranya mendaftar melalui jalur prestasi akademik atau nilai rapor. Sementara 516 siswa mendaftar melalu jalur afirmasi dan 200 siswa mendaftar melalui jalur perpindahan orang tua/anak guru.

Dengan demikian tak semua siswa lolos ke sekolah pilihanya di tahap yang pertama. Namun masih tetap memiliki kesempatan melalui pendaftaran PPDB Online tahap kedua, yakni lewat jalur zonasi. PPDB Tahap kedua akan digelar mulai tanggal 25 Juni sampai 1 Juli 2020 mendatang.

Ketua PPDB Online SMAN 7 Cirebon, Undang Ahmad Hidayat mengatakan, di SMAN 7, dari total 140 siswa yang telah mendaftar 87 siswa mendaftar melalui jalur prestasi. 34 siswa mendaftar melalui jalur afirmasi dan 19 siswa melalui jalur perpindahan orang tua.

Mulai Senin (15/6) hari ini hingga Rabu (17/6) pihak sekolah akan melakukan verifikasi data, uji kompetensi prestasi kejuaraan dan pengolahan nilai. “Kita terlebih dulu akan merekap dan memverifikas data. Baru kemudian merangking by system. Mana yang tertinggi sampai terbawah,” katanya.

Setelah itu, tim PPDB menggunakan sistem kuota kebutuhan di masing-masing jalur. Bila ternyata rangkingnya di bawah kebutuhan, otomatis tidak lolos. Walaupun di jalur lain ada yang masih kosong, tetap tidak bisa lolos.

Untuk itu, siswa yang tidak lolos, kata Undang bisa segera mempersiapkan untuk daftar melalui jalur zonasi. Pengumuman lolos tidaknya siswa baru akan diketahui pada tanggal 23 Juni mendatang.

“Sebenarnya dengan system PPDB yang terbaru ini, itu sangat transparan. Siswa yang tidak lolos tahap pertama juga bisa mendaftar lagi melalui jalur zonasi di tahap kedua,” pungkasnya. (awr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *