3 Tentara India Tewas dalam Baku Tembak dengan China di Wilayah Perbatasan

oleh -422 views
India-China-Baku-Tembak
TEGANG: Ketegangan di perbatasan India dan China tepatnya di lembah Galwan Ladakh meningkat pasca baku tembak yang menewaskan tiga tentara India tewas Senin (15/6) malam waktu setempat. Foto: PTI

LADAKH – Sedikitnya tiga tentara India tewas dalam bentrokan dengan China di perbatasan Lembah Galwan, Ladakh, Senin (15/6) malam waktu setempat.

Insiden itu menyusul meningkatnya ketegangan dan pengerahan ribuan pasukan tambahan dari kedua belah pihak di kawasan perbatasan, dalam beberapa pekan terakhir.

“Pertempuran sengit terjadi Senin (15/6) malam dengan menyebabkan jatuhnya korban. Korban jiwa di pihak India termasuk seorang perwira dan dua prajurit,” kata seorang juru bicara Angkatan Darat India dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP, Selasa (16/6).

Sementara, China menuduh tentara India melintasi perbatasan yang disengketakan antara kedua negara. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan, pasukan India melintasi garis perbatasan dua kali pada Senin kemarin.

“Tindakan tentara India itu memprovokasi dan menyerang personel Tiongkok, mengakibatkan konfrontasi fisik yang serius antara pasukan perbatasan di kedua sisi,” kata Lijian.

Ketegangan antara India dan China belakangan ini berkobar dan semakin memanas. Selama ini, dua negara pemilik senjata nuklir itu memang sama-sama tidak pernah menegaskan batas wilayah mereka yang panjangnya mencapai 3.500 kilometer dengan baik.

Belum lama ini, ribuan tentara kedua negara terlibat dalam bentrokan di perbatasan di wilayah Ladakh India, tepat di seberang Tibet.

Perdana Menteri India Narendra Modi dan Pemimpin China Xi Jinping pun telah berusaha untuk meredakan ketegangan pada pertemuan puncak selama dua tahun terakhir, ketika mereka sepakat untuk meningkatkan komunikasi perbatasan antara militer mereka.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) India mengatakan, perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasannya dengan China sangat penting untuk pengembangan hubungan bilateral.

“Kedua belah pihak juga mencatat bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara, dan sepakat bahwa resolusi awal akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut dari hubungan tersebut,” ungkap Kemlu India pada 7 Juni lalu, dikutip laman The Indian Express.

Masalah perbatasan kedua negara nantinya tak hanya dibahas di level diplomatik, tapi juga militer. Hal itu guna memastikan perdamaian dan ketenangan terwujud di wilayah perbatasan kedua negara. (der/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *