Vietnam Roll Kudapan Enak dan Sehat

oleh -67 views
ENAK: Vietnam roll merupakan cemilan segar dan menyehatkan. FOTO: ANDI AZIZ MUHTAROM/RADAR CIREBON

BOSAN dengan menu vegetarian yang dikemas hidangan salad dalam mangkuk, bisa mencoba menu yang satu ini. Vietnam Roll namanya. Atau sejenis lumpia ala Vietnam. Cemilan ini enak, segar dan sehat.

Kudapan asal salah satu negara di Asia Tenggara ini, menawarkan cara penyajian lain bagi penikmat ‘vegie’ dengan cara unik. Aneka sayuran segar dengan toping pilihan, digulung menjadi satu dengan lapisan luar rice paperyang transparan.

Rice paper sendiri, merupakan olahan dari campuran tepung beras dan tepung tapioka yang dipipihkan dan dikeringkan hingga menjadi sebuah lembaran transparan.

Bagi yang belum tahu, mungkin sekilas pembungkus gulungan Vietnam Roll ini dikira adalah pelapis transparan biasa. Tapi, sebetulnya itu bisa dimakan juga karena bahan bakunya memang terbuat dari tepung.

Langkah membuat Vietnam Roll ini, rice paper yang masih kering dibasahi dengan sedikit air agar elastis. Bagian ini menjadi dasarnya, kemudian tumpuk aneka sayuran seperti kol ungu, timun Jepang, wortel yang sebelumnya telah diiris berbentuk stik berukuran panjang 5 sentimeter. Bisa juga diisi oleh soun basah.

Setelah isian cukup, gulung rice paper tersebut seperti menggulung lumpia, lalu direkatkan dengan sendirinya. Karena lapisan rice paper yang masih agak basah kondisinya elastis dan agak lengket sehingga bisa merekatkan gulungan ini dengan sempurna.

Isian Vietnam Roll juga bisa berupa serba fruity, atau bisa ditambahkan aneka seafood, bakso ikan, ayam dan daging.

Seperti menu yang ditawarkan “Melahap Food’ dalam akun Instagram-nya, ada menu isian chicken filler, ayam suwir, udang, ikan tuna, salmon, bahkan crab (kepiting).

Cara memakanya tidak perlu digoreng atau dikukus ulang. Sebab, bahan-bahan isian sayuran segar telah dicuci bersih sebelumnya. Sedangkan, bahan isian seperti seafood dan daging serta bakso sudah disteam atau dikukus sebelumnya hingga matang.

Vietnam Roll yang ditawarkan ‘Melahap Food’ dijual per kemasan berisi tiga gulungan. Per kemasannya, bisa didapatkan mulai harga Rp20 ribu hingga Rp40 ribu, tergantung pada pilihan isian yang diinginkan. (azs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *