Jokowi Sentil Kemenkes, Serapan Anggaran Baru 1,53 Persen

oleh -162 views
presiden-jokowi
Presiden RI, Joko Widodo

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menyentil kinerja Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Jokowi menyebut, penyerapan anggaran belanja kementerian yang dipimpin mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu masih rendah.

“Misalnya saya beri contoh, bidang kesehatan dianggarkan Rp 75 triliun, baru keluar 1,53 persen coba. Uang beredar di masyarakat kerem ke situ semua,” kata Jokowi dalam video yang diunggah di saluran YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga:

Presiden Sebut Reshuffle-Bubarkan Lembaga, Minta Menteri Kerja Keras Tangani Corona

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar Kemenkes segera melakukan penyerapan anggaran. Namun, peruntukan belanjanya juga harus tepat dan sesuai kebutuhan.

“Segera itu dikeluarkan dengan penggunaan-penggunaan yang tepat sasaran. Pembayaran tunjangan untuk dokter, dokter spesialis, untuk tenaga medis, segera keluarkan. Belanja-belanja untuk peralatan segera keluarkan,” tegas Jokowi.

Jokowi pun mengimbau agar bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak Covid-19 segera disalurkan. Menurutnya perlu penanganan lebih dalam menangani pandemi Covid-19.

“Bansos yang ditunggu masyarakat segera keluarkan. Kalau ada masalah lakukan tindakan-tindakan lapangan. Meskipun sudah lumayan, ini extra ordinary harusnya 100 persen,” ucapnya. (yud/jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *