Rusia Siap Pasok Obat dan Vaksin Corona ke Pasar Global

oleh -117 views
Vaksin Corona
Ilustrasi

MOSCOW – Pemerintah Rusia menyatakan, siap memasok obat dan vaksin Corona (Covid-19) serta sistem uji virus ke pasar global. Kesiapan itu didasari karena tingkat risiko gelombang kedua Covid-19 terus meningkat.

Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko mengungkapkan, bahwa sejak pandemi muncul, Rusia telah memberikan bantuan kepada negara-negara Eropa, Amerika, dan Asia.

Moskow pun turut membantu lembaga-lembaga internasional seperti Organisasi Kerja Sama Shanghai, Uni Ekonomi Eurasia, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Mengingat risiko gelombang kedua pandemi, Rusia siap memasok ke pasar global sarana tindakan anti-virus langsung, termasuk obat-obatan untuk terapi badai sitokin (cytokine storm), sistem pengujian, dan vaksin,” kata Murashko, dikutip laman kantor berita Rusia TASS, Senin (29/6).

Terkait hal ini, Rusia siap menjalin dialog dengan berbagai organisasi internasional. Ia pun menyerukan koordinasi penelitian dan pembuatan produk medis.

“Rusia sedang mengembangkan serta memproduksi obat untuk mengobati Covid-19 dan sistem uji diagnostik. Ini memungkinkan kami untuk mencegah kekurangan dan skenario dramatis pandemi,” kata Murashko.

Kasus global Covid-19 telah menembus angka 10 juta. Pandemi telah menyebabkan 500 ribu orang meninggal. Rusia memiliki 634 ribu kasus dengan 9.073 kematian. (der/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *