Australia Masih Pilihan Utama Bagi Pelajar Indonesia

oleh -31 views
Australia
DOK.RADARCIREBON.COM

JAKARTA – Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho mendorong Perguruan Tinggi di Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Australia.

Menurut Jamal, MRPTNI memiliki harapan dapat memperkuat Konsorsium PTN dengan perguruan tinggi Australia yang sudah ada, terutama di sektor pendanaan.

“Kemudian meningkatkan kegiatan people to people relationships antara PTN dan perguruan tinggi di Australia melalui fasilitas KBRI serta mengimbau seluruh PTN anggota MRPTNI untuk terus membangun kerja sama pendidikan dan penelitian dengan perguruan tinggi Australia, baik dengan skema university to university maupun Konsorsium,” ucap Jamal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/7)

Jamal menyebutkan, bahwa dari data MRPTNI, Australia tetap menjadi pilihan utama pelajar Indonesia. Hal itu dikarenakan perguruan tinggi Australia termasuk kualifikasi yang diakui secara internasional.

“Faktor geografis yang dekat dengan Indonesia juga menjadi alternatif pilihan pelajar Indonesia untuk melanjutkan belajar di negara,” ujarnya.

Pemerintah Australia menyediakan lebih dari 300 beasiswa pascasarjana bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Australia.

Sementara LPDP telah menetapkan cukup banyak perguruan tinggi di Australia yang memenuhi kualifikasi bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi dengan Beasiswa LPDP.

“Data bulan Agustus 2016, mahasiswa dan pelajar Indonesia yang sedang menempuh studinya di Australia mencapai 17.712 orang. Tahun 2020 ini, jumlah mahasiswa dan pelajar Indonesia di Australia pasti sudah mendekati 20.000 mahasiswa,” pungkasnya. (der/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *