Era Industri 4.0, Pelaku UMKM Harus Melek Teknologi

oleh -50 views
UMKM-Wajib-Melek-Teknologi
Bupati Acep Purnama menekankan agar seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menguasai teknologi. Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN – Bupati Acep Purnama menekankan agar seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menguasai teknologi. Artinya, pelaku UMKM dapat melek teknologi agar mampu mengembangkan pemasaran hasil produksi ke pangsa pasar yang lebih luas.

Apalagi kini sudah memasuki era industri 4.0 dengan kecanggihan alat-alat modern. Misalnya saja dapat memanfaatkan teknologi untuk berjualan secara online.

Sebab tak dipungkiri, berjualan online menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk-produk UMKM ke luar daerah. Oleh sebab itu, Bupati Acep menilai, di era industri 4.0 menuntut pelaku UMKM agar memahami dan menguasai digitalisasi di berbagai sektor industri.

“Penguasaan ini menjadi penting agar usahanya bisa semakin berkembang maju. Dengan digitalisasi, para pelaku UMKM bisa beroperasi secara efektif dan efisien, serta produknya berkualitas baik dan bernilai harga bersaing,” kata Acep saat menghadiri acara pelatihan kewirausahaan bagi UMKM di Hotel Grage Sangkan, Sabtu (4/7).

Hadir pula Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, Ir Bunbun Budhiyasa dan Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM RI, Talkah Badrus. Acara berlangsung mengikuti standar protokol kesehatan yaitu penggunaan masker, faceshield dan sarung tangan.

Program pelatihan yang diberikan adalah pelatihan penerapan teknologi digital dan pembuatan website bagi UMKM. Karena kondisi seperti ini, maka pelatihan tidak dipusatkan di satu titik saja, kata Bunbun.

Dia berharap, agar kegiatan pelatihan semacam ini dapat meningkatkan kembali semangat para UMKM. Sekaligus para anggota koperasi mahasiswa untuk kembali memulai bisnisnya, yang mungkin sempat terhenti akibat situasi pandemi Covid-19.

Sementara Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM RI, Talkah Badrus menyampaikan, rasa terimakasih atas digelarnya kegiatan pelatihan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi awal untuk bisa menyelenggarakan pelatihan yang sifatnya online. Selama masa pandemi ini, kami sering melakukan pelatihan melalui daring. Nah untuk yang belum berpartisipasi pelatihan bisa mengikuti melalui situs edukukm.id,” sebut Talkan.

Dijelaskan bahwa edukukm.id adalah sebuah program e-learning atau pelatihan daring yang diinisiasi oleh Kemenkop dan UKM, yang bertujuan untuk mengaktivasi program pelatihan secara online di masa pandemi Covid-19 bagi pelaku koperasi dan UKM di Indonesia. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *