Baznas Gulirkan Program Cirebon Sejahtera dan Cirebon Peduli

oleh -61 views
SHARING PROGRAM: Baznas Kabupaten Cirebon kembali menggulirkan program Cirebon Sejahtera dan Cirebon Peduli. FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON – Di tengah Pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon, kembali menggulirkan program Cirebon Sejahtera dan Cirebon Peduli.

Kepada Radar Cirebon, Ketua Umum Baznas Kabupaten Cirebon, KH Budiman Mahfudh melalui Kepala Pelaksana Baznas, Abdul Rifai Feri menyampaikan, Baznas akan terus  berkontribusi dengan memberikan keterampilan bisnis dan UKM bagi mustahik-mustahik yang tergabung dalam berbagai program.

Dikatakannya, Baznas Kabupaten Cirebon baru saja memberikan bantuan ekonomi bagi 20 orang (mustahik) berupa pemberian sertifikat saham koperasi Sikado Kecamatan Dukupuntang. Tiap orang ini, akan memperoleh laba atau keuntungan bagi hasil dari saham Sikado di tiap tiga bulannya. Lalu, Baznas juga menggulirkan program kemandirian bagi tukang becak.

Kali ini, ada enam tukang becak di wilayah Sumber yang belum memiliki becak, akhirnya dibelikan becak oleh Baznas. Kemudian, program ternak kambing untuk 10 orang mustahik. Tiap orangnya diamanatkan oleh Baznas untuk bisa ternak kambing, sehingga bisa beranak- pinak.

Program Cirebon sejahtera ini, tujuannya untuk kemandirian para mustahik, dan orang yang benar-benar berhak menerimanya, karena terdampak Covid-19.

Untuk yang bantuan pemberian becak kepada para tukang becak, yang sebelumnya hasil becaknya dapat menyewa seharga Rp5.000 perhari, kita berdayakan untuk bisa hidup mandiri. Mereka tiap harinya wajib menabung Rp5.000 perhari dan nanti hasilnya bisa untuk diri sendiri. Daripada becaknya hasil sewa. Harapannya, mustahik memiliki kemandirian dalam hal ekonomi keumatan dalam kurun waktu yang berkesinambungan.

Selain itu, Baznas baru saja melakukan program Cirebon Baznas Peduli, yakni pemberian 1.200 paket sembako kepada guru mengaji dan imam musala. “Mereka sangat berperan aktif dalam fisabillah. Karena Covid-19 sebagian penghasilannya berkurang atau bahkan hilang. Mudah-mudahan bantuan yang digulirkan dari Baznas ini, bermanfaat dan menjadi penyemangat untuk terus berjuang di jalan Allah (fisabilillah),” kata Feri.

Pada kesempatan itu, salah satu penerima bantuan program Baznas, Rasyid mengaku senang atas bantuan yang diberikan Baznas Kabupaten Cirebon.

“Semoga dengan sharing program ini, kita semua diberikan keberkahan dan sejahtera. Saya tidak akan menyia-nyiakan program bantuan ini,” ucapnya. (via/opl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *