8 Istilah Baru Kasus Covid-19 yang Bikin Pusing

oleh -702 views
istilah-baru-covid-19

CIREBON- Penyebutan istilah terhadap penanganan Covid-19 diubah total oleh Menkes Terawan Agus Putranto. Terdapat beberapa terminologi baru.

Tidak ada lagi istilah pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG). Semuanya bakal dikelompokkan ke dalam 8 istilah baru.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon dr H Edy Sugiarto MKes mengatakan perubahan definisi istilah tersebut diatur berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI HK. 01.07-MENKES-413-2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Indonesia.

8 Istilah Covid-19 Terbaru

Kasus Suspek

Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.

Kasus Probable

Adalah kasus suspek dengan ISPA Berat/ARDS/meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan Covid-19 dan belum ada hasilpemeriksaan laboratorium RT-PCR.

Kasus Konfirmasi

Adalah seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 yang dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium RT-PCR.

Selengkapnya baca di sini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *