WHO: Mustahil Kembali ke Normal Lama

oleh -106 views
WHO
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: AP

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa saat ini banyak negara yang tidak merespons cara penanganan pandemi virus Corona.

Langkah tersebut membuat kehidupan masyarakat tidak akan kembali ke normal seperti sebelum adanya virus Corona COVID-19.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan keputusan sejumlah negara yang mencabut lockdown membuat penyebaran virus menjadi lebih parah.

Padahal, lockdown bisa menjadi salah satu metode yang terbukti bisa menekan penyebaran virus Corona.

“Saya ingin berterus terang, tidak akan ada yang kembali ke kehidupan ‘normal lama’ di masa depan. Terlalu banyak negara menerapkan metode yang salah,” ujar Ghebreyesus dalam konferensi pers virtual, Senin (13/7/2020) seperti dikutip dari laman MedicalXpress.

“Virus akan tetap menjadi musuh publik nomor satu, tetapi tindakan banyak negara dan masyarakat tidak mencerminkan hal ini,” tambahnya.

Tedros mengatakan jika kebijakan pemerintah yang berbeda-beda justru akan membuat kepercayaan publik terhadap penanganan virus Corona COVID-19 menurun.

Penyebaran virus Corona juga menjadi lebih buruk ketika orang-orang mengabaikan aturan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, dan mengkarantina diri jika sakit.

“Ini penyebaran virus akan menjadi lebih buruk dan lebih buruk dan lebih buruk lagi,” ujarnya. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *