Mengenang Perjalanan Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat yang Aktif di Berbagai Organisasi

oleh -2.138 views
biodata-profil-sultan-kasepuhan-cirebon

CIREBON – Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat meninggal dunia, Rabu (22/7/2020). Pihak keluarga Keraton Kasepuhan Cirebon menginformasikan, Sultan Sepuh wafat sekitar pukul 05.20, Rabu (22/7/2020) dan akan dimakamkan di Astana Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

Sepanjang hidupnya, sultan sepuh dikenal aktif di berbagai organisasi. Juga mempromosikan pariwisata Cirebon. Sultan Sepuh XIV naik takhta pada 9 Juni 2010.

Beliau menggantikan ayahnya, Sultan Sepuh XIII, tepat 40 hari setelah wafatnya. Seperti dikutip dari laman resmi Keraton Kasepuhan, penobatan ini dilakukan dalam rangkaian acara “Jumenengan” di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Baca Juga:

Kabar Duka, Sultan Sepuh PRA Arief Natadiningrat Meninggal Dunia

Sultan Sepuh akan Dimakamkan di Astana Gunung Jati

Banyak posisi dalam organisasi profesional dan komunitas selalu menunggu waktu mereka. Selain sebagai Ketua Yayasan Kasepuhan Keraton, ia juga Direktur PT Cirebon Raya Internasional, PT Nurjati Mas Internasional.

Arief juga aktif di 30 organisasi, termasuk Ketua Asosiasi Pengusaha Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia (Aspanji) di Jawa Barat dan Ketua Ardin Jawa Barat.

Dia juga aktif bersosialisasi di media sosial untuk menginformasikan segala sesuatu tentang istana, acara pariwisata, dan berbagai kegiatan di lingkungan istana Kasepuhan. Sejauh ini, PRA Arief Natadiningrat memang yang paling aktif di dunia media sosial di antara para sultan nusantara.

Sultan juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Cirebon dan Ketua Badan Pengembangan Andalan Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan).

Satu putra (ER Lukman Zulkaedin) dan putrinya RRS Fatimah Nurhayani menikah pada 2013 dan 2014. Tahun 2004-2009, PRA Arief Natadiningrat menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mewakili Jawa Barat.

Arief menempuh pendidikan SDN Pengampon III Cirebon (1971-1977), SMP Negeri 1 Cirebon (1978-1981), SMA Negeri 2 Cirebon (1981-1984), dan kuliah di Universitas Islam Nusantara Bandung (1984-1990) dengan lulus menjadi sarjana ekonomi. (awr)

Tonton video berikut ini;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *