Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Kurban Diperiksa

oleh -51 views
Pemeriksaan-Hewan-Kurban
Petugas Dinas pangan petanian kelautan dan perikanan Kota Cirebon memeriksa hewan kurban, Jumat (24/7). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Jelang Idul Adha pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban mulai gencar dilakukan Pemkot Cirebon.

Sejumlah petugas dari Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon, Jumat (24/7), melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah sentra ternak kurban yang ada di Kota Cirebon.

Pemeriksaan meliputi kesehatan hewan, usia dan memberikan label kelayakan bagi hewan yang memenuhi syarat untuk disembelih kurban.

Iin Inayati selaku Kabid Pertanian dan Peternakan Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon mengatakan, masyarakat yang hendak membeli hewan kurban diimbau agar membeli yang sudah terdapat label kelayakan.

Masyarakat dianjurkan pemotongan hewan kurban tak menumpuk di hari H, tapi disebar di hari berikutnya di hari tasrik. Pemotongan bisa dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan dianjurkan tidak mengundang kerumunan, tapi di bagikan ke rumah-rumah yang berhak menerima.

“Kalau memotong sendiri diusahakan tempat tertutup hingga tak menjadi tontonan dan berkerumun warga apalagi anak-anak,” katanya.

Iin menuturkan, dengan tidak menimbulkan kerumunan tersebut diharapkan pada pelaksanaan pemotongan hewan kurban tanpa adanya kekhawatiran kemungkinan penyebaran Covid-19. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *