Pilih Hari Sabtu untuk Penyembelihan Kurban

oleh -146 views
RAPAT PERSIAPAN: DKM Subulussalaam, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, rapat koordinasi jelang pelaksanaan ibadah Idul Adha, Rabu (29/7) malam. --FOTO: DKM SUBULUSSALAM FOR RADAR CIREBON

CIREBON – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Subulussalaam di RW 14, Permata Harjamukti Utara, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, siap melaksanakan ibadah Idul Adha. Semua persiapan sudah dilakukan untuk menyambut Hari Raya Kurban tersebut.

Ketua DKM Subulussalaam, Naim Abdurachman mengatakan, pihaknya akan melangsungkan Salat Idul Adha pada hari Jumat (31/7), dimulai pukul 06.15. Mengingat Idul Adha jatuh pada hari Jumat, pihaknya akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari Sabtu (1/8), dimulai pukul 07.30. Untuk jumlah hewan kurban, saat ini DKM baru menerima empat ekor sapi dan 16 ekor kambing.

“Kami masih menerima jika ada warga yang mau berkurban,” katanya didampingi Sekretaris DKM, Solikhin, di sela rapat persiapan, tadi malam.

Ketua panitia, Cucu Suherman menambahkan, penyelenggaraan kegiatan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tetap memperhatikan protokol kesehatan mencegah paparan Covid-19. Sebagaimana surat edaran (SE) dari Kementerian Agama RI, Gubernur Jawa Barat, serta Pemkot Cirebon.

Pihaknya saat ini sudah siap melaksanakan instruksi dari SE tersebut. Salah satu isi dari SE itu adalah mengimbau seluruh jamaah untuk tetap memakai masker sejak dari rumah hingga berada di masjid, membawa sajadah masing-masing, menjaga jarak antarjamaah, mencuci tangan dengan sabun, serta tidak melakukan salaman setelah kegiatan Salat Idul Adha.

“Jamaah Salat Idul Adha diimbau langsung pulang ke rumah masing-masing dengan tertib,” ucapnya, didampingi Sekretaris Panitia Pelaksanaan Idul Adha, Sukarna SE.

Sementara itu, Wakil Ketua DKM Subulussalaam, Didi Sunardi SE didampingi Bendahara Ust Ading menambahkan, untuk teknis pendistribusian daging kurban akan langsung diantar ke rumah warga di lingkungan RW 14, serta yayasan sosial yang sudah mengajukan proposal kepada pihak DKM dan panitia. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan massa pada saat pembagian daging kurban tersebut.

Khusus kepada yang berkurban, panitia akan secara ketat memperhatikan protokol kesehatan. Seperti memakai baju/kaos panjang, pakai masker, dal lain-lain. Sehingga, diharapkan semua pelaksanaan berjalan sesuai dengan aturan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19. (mid/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *