Masa Pandemi Covid-19, Arus Mudik Lebaran Idul Adha Alami Peningkatan

oleh -66 views
Arus-Mudik-Lebaran-Idul-Adha
Suasana gerbang Tol Palimanan Kabupaten Cirebon dipadati kendaran pemudik, Kamis (30/7). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Meski di tengah pandemi Covid-19, arus mudik lebaran Idul Adha tahun ini justru mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan kendaraan pemudik mencapai 30 hingga 40 persen.

Diperkirakan masyarakat memanfaatkan mudik kali ini karena pada lebaran Idul Fitri ada kebijakan larangan mudik.

Pantauan radarcirebon.com, arus lalu lintas di ruas Tol Cipali hingga Kamis sore (30/7) atau sehari jelang Idul Adha dipadati kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon dan Jawa Tengah.

Bahkan, terjadi antrean kendaraan di gerbang Tol Palimanan Kabupaten Cirebon. Meski demikian tidak terjadi penumpukan kendaraan dan mengular.

Berdasarkan data dari PT Astra Tol Cipali, sejak Kamis (30/7) pada pukul 06.00 hingga pukul 14.00 WIB, jumlah kendaraan yang keluar di gerbang Tol Palimanan tercatat sebanyak 11.422 unit.

Sementara dari arah sebaliknya, atau kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Palimanan arah Jakarta sebanyak 5.699 unit.

Saat ini sesuai prediksi dibandingkan Idul Adha tahun lalu ada peningkatan 29 persen. Tapi dari data sampai Kamis (30/7) sore, ternyata peningkatanya 30-40 persen.

“Berdasarkan info yang kami dapatkan mungkin masyarakat gunakan Idul Adha ini untuk mudik karena pada Idul Fitri lalu kan dilarang. Sehingga mereka gunakan mudik di Idul Adha Adha ini,” ujar Suyitno, GM Operation PT Astra Infra Tol Cipali.

Sementara, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, arus lalu lintas di Gerbang Tol Palimanan dalam keadaan normal dan lancar. Namun ada sedikit peningkatan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

“Kami juga sudah menempatkan beberapa pos pengamanan baik di jalur tol maupun di jalur arteri, kurang lebih ada 10 pos pengamanan yang kita siapkan,” ujarnya. (rdh)

Saksikan video menarik berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *