Momen Libur Idul Adha, Terminal Harjamukti Sepi Penumpang

oleh -91 views
Terminal-Harjamukti
Suasana di Terminal Harjamukti Kota Cirebon, Senin (3/8). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Momen Hari Raya Idul Adha dan libur panjang ini penumpang yang turun dan berangkat di Terminal Harjamukti Kota Cirebon jumlahnya masih terbilang sedikit.

Bahkan, operasional bus yang masuk dan keluar terminal pun ikut sepi. Hal ini juga merupakan pengaruh atau dampak dari pandemi Covid-19.

Kepala Terminal Harjamukti Cirebon, Komarudin, mengatakan, jumlah bus yang beroperasi saat ini tidak lebih dari 45 unit.

“Seminggu sebelum hari raya, ada peningkatan operasional bus sebanyak 15 persen. Sebelum Lebaran menjadi sekitar 50 bus. Kalau normalnya sebelum pandemi Covid-19, Terminal Harjamukti dalam sehari bisa kedatangan lebih dari 150 bus,” katanya.

Komarudin menuturkan, trafik bus yang masih beroperasi umumnya tujuan ke wilayah timur atau Jawa, yakni Surabaya, Semarang dan Pekalongan.

“Sebagian kecil ke arah barat menuju Bekasi. Sedangkan ke Jakarta sama sekali tidak ada keberangkatan dari Terminal Harjamukti. Dan pemberangkatan bus biasanya sore hingga malam hari. Adanya jalan tol Trans Jawa berpengaruh signifikan terhadap trafik bus. Karena banyak bus AKAP baik dari arah Jakarta menuju Jawa atau sebaliknya, tidak masuk ke Terminal Harjamukti,” tuturnya.

Mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, lanjut Komarudin, Terminal Harjamukti menyediakan alat pemindai suhu otomatis. Hal itu merupakan protap kesehatan Covid-19 yang harus diterapkan.

Tiga hari sekali seluruh bus dan lingkungan terminal disemprot cairan disinfektan. Untuk calon penumpang, di pintu masuk utama ke dalam ruang tunggu, ada alat pemindai.

“Bila didapati calon penumpang yang melebihi suhu 38 derajat celsius. Kami segera melaporkannya ke 119,” pungkasnya. (rdh)

Lihat video menarik berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *