Daerah Otonom Uighur Sembelih 1.700 Ekor Sapi

oleh -42 views
IDUL ADHA: Kaum Muslim Uighur Xinjiang, Tiongkok, melaksanakan salat Idul Hari Raya Idul Adha. Pada Idul Adha kali ini, mereka menyembelih lebih dari 1.700 ekor sapi dan domba dalam sehari, serta 33.000 ekor unggas.FOTO: JPNN

URUMQI – Otoritas di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, Tiongkok, memastikan pasokan ternak dan sayuran yang cukup saat umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha.

Pada momen Idul Adha, otoritas Urumqi menyembelih lebih dari 1.700 ekor sapi dan domba dalam sehari, separuh lebih banyak dari jumlah biasanya; serta lebih dari 33.000 ekor unggas, 30 persen lebih banyak dari jumlah biasanya.

Seperti diketahui, menyembelih ternak untuk dibagikan kepada anggota keluarga dan mengunjungi kerabat maupun teman, merupakan tradisi di Hari Raya Idul Adha. Otoritas kota tersebut juga telah berupaya memastikan pasokan harian sekitar 1.000 ton sayuran, 260 ton susu, dan 120 ton telur. Upaya ini dilakukan, mengingat Xinjiang telah mencatatkan peningkatan kasus Covid-19 sejak pertengahan Juli.

Hingga Kamis (30/7), Xinjiang telah mengonfirmasi 523 kasus positif Covid-19, 108 kasus tanpa gejala, dan 12.416 orang yang masih berada dalam pengawasan medis, ungkap komisi kesehatan regional setempat. Di tengah epidemi, banyak warga Urumqi membatalkan acara perkumpulan keluarga dan memilih untuk tetap tinggal di rumah guna membendung penyebaran coronavirus baru.

Pada Rabu (29/7), pihak otoritas memulai sebuah program penyediaan daging dengan harga menengah bagi warga Urumqi, dan rencananya akan menyediakan 200 ton daging domba serta 150 ton daging sapi hingga 12 Agustus nanti.

“Harga daging tersebut 10 hingga 20 yuan (1 yuan = Rp2.094) lebih murah daripada harga biasanya,” kata Yarkinjan Yasinjan, seorang warga Urumqi, setelah menerima 3 kilogram daging domba dan 2 kilogram daging sapi pada Kamis. “Daging domba ini tampak sangat empuk dan segar,” imbuh Yarkinjan, yang berencana memasak beberapa jenis hidangan bagi anak-anaknya untuk merayakan Hari Raya Kurban. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *