Erick Thohir: Jamin Sinovac Aman dan Halal

oleh -70 views
CEK LANGSUNG: Menteri BUMN, Erick Thohir (kedua kiri) mengunjungi Bio Farma yang sedang Memproduksi Sinovac untuk selanjutnya diuji coba. FOTO: KEMEN-BUMN.com

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memastikan, vaksin Sinovac yang tengah diuji coba dan akan diproduksi Bio Farma, terbuat dari bahan baku halal. “Insya Allah bahan baku halal digunakan untuk vaksin Covid-19, karena Bio Farma sudah menjadi salah satu pusat produksi vaksin halal dunia,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/8).

Dijelaskannya, Bio Farma telah memproduksi vaksin sejak lama dan telah dipercaya lebih dari 150 negara dalam memproduksi 15 jenis vaksin. Banyak negara di Timur Tengah menjadi konsumen vaksin dari Bio Farma. Bahkan, 75 persen vaksin polio yang tersebar di seluruh dunia merupakan produksi Bio Farma.

“Sertifikasi halal untuk vaksin virus Corona nantinya akan diterbitkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tapi bahan bakunya dan produksi sudah siap. Oleh karena itu, saya meminta masyarakat tak perlu cemas dengan kualitas vaksin virus Corona yang pasti akan didistribusikan di seluruh Indonesia,” katanya.

Dijelaskannya pula, Bio Farma akan menambah gedung produksi vaksin baru dengan kapasitas 150 juta per tahun di Desember 2020. Saat ini kapasitas produksi Bio Farma mencapai 100 juta vaksin per tahun.

“Dengan total kapasitas 250 juta, tahun depan ketika kami memproduksi vaksin. Insya Allah jumlahnya cukup, tapi kembali lagi, vaksinnya dulu yang perlu diuji klinis,” ucapnya. (gw/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *