Semifinal Liga Champions, Prediksi RB Leipzig vs PSG dan Susunan Pemain

oleh -84 views
RB Leipzig-vs-PSG
Foto: Istimewa

LISBON – Liga Champions musim 2019/2020 menjadi babak baru RB Leipzig dan Paris Saint-Germain (PSG). Untuk pertama kalinya, kedua tim sama-sama lolos ke babak empat besar.

Leipzig yang baru lahir 2009, menapaki jalan sejarahnya yang getir. Dimulai dari Divisi 3 Liga Jerman merekah, akhirnya mampu promosi ke Bundesliga pada 2016.

Kematangan sang der trainer Julian Nagelsmann, membawa Leipzig yang sebelumnya gagal pada Liga Champions 2017/2018, kini menorehkan kesuksesannya yang impresif.

Di liga domestik, Marcel Sabitzer dan kolega mulai terbiasa dengan posisi zona Liga Champions. Hingga partai pemungkas Bundesliga, mereka sukses menduduki di peringkat tiga, di bawah Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen.

Perkembangan impresif dari Leipzig membuat sejumlah raksasa Eropa lainnya tertegun. Dari catatan Whoscored, Leipzig sukses ke semifinal Liga Champions saat usia klub baru 11 tahun alias mengalahkan wakil Serbia, Red Star (12 tahun).

Tak hanya itu, Leipzig juga mempunyai salah satu rataan pemain termuda di Liga Champions musim ini dengan usia rerata di bawah 23 tahun. Pencetak gol kontra Atletico Madrid di perempat final pun, berusia di bawah 23 tahun. Dani Olmo masih 22 tahun, sementara Tyler Adams 21 tahun.

Kemampuan para pemain muda ini akan dibuktikan pada semifinal Liga Champions, dini hari nanti WIB (19/8). Leipzig akan melakoninya melawan PSG di Estadio da Luz, Lisbon (siaran langsung SCTV/Champions TV 1 pukul 02.00 WIB)

Dilansir dari situs resmi klub, Direktur Olahraga Leipzig, Markus Kroesche mengaku sudah tak sabar melihat kehebatan para pemain muda melawan raksasa Prancis tersebut. Meski dirinya mengaku bahwa Les Parisiens -julukan PSG- memiliki kualitas individu yang sangat baik.

”Ini akan menjadi laga terhebat. PSG memiliki pemain yang sangat kuat dalam duel satu lawan satu. Sementara kami punya performa tim terbaik secara kolektif,” jelasnya.

Kroesche juga tak lupa menyampaikan rasa percaya diri kepada Nagelsmann. Juru taktik 33 tahun itu dinilai bakal meracik kekuatan dengan pas.

“Saya yakin Julian (Nagelsmann) akan membuat formula yang tepat. Kami yakin bisa memenangkan pertandingan. Kami akan mengerahkan semua lini untuk mencapai final,” tegasnya.

Laga ini menjadi sejarah baru. Artinya, siapa pun yang menang, bakal menghadirkan finalis baru di Liga Champions. Hasrat tersebut masih berkecamuk di dada PSG. Ya, PSG selalu gagal menembus semifinal Liga Champions pada abad 21.

Dalam sejarah Ligue 1, jika anak asuh Thomas Tuchel berhasil mengalahkan Leipzig, mereka akan menjadi tim Prancis pertama sejak AS Monaco pada 2003/2004 yang lolos ke final. Termasuk tim Prancis.

Tentu saja bukan predikat finalis yang yang ingin direngkuh PSG. Melainkan juga menyandingkannya dengan trofi bergengsi Eropa alias Liga Champions.

Sebab, dalam histori Liga Champions sedekade terakhir, tercatat ada lima tim paling produktif di Eropa mengakhiri musim dengan mengangkat Si Kuping Lebar, trofi juara Liga Champions. Real Madrid tiga kali dan FC Barceloan dua kali. Dua lainnya (Barca) menembus semifinal dan dua lainnya sampai perempat final (Barca dan City musim lalu).

“Ya kami akan melawan tim muda, dan mereka tidak menunjukkan rasa takut sekalipun, seperti yang telah mereka tunjukkan di Liga Champions musim ini. Mereka bermain bagus,” kata bek PSG, Marquinhos dikutip dari situs resmi klub.

“Saat melawan Atletico Madrid, saya dibuat terhenyak karena mereka menyerang tanpa rasa takut,” sambungnya.

Marquinhos menegaskan bahwa untuk mengalahkan Leipzig, tak cukup untuk sekadar mengandalkan kemampuan pemain tertentu. PSG diminta tampil oke secara kolektif.

”Kami paham bahwa bermain sebagai sebuah tim, memiliki strategi, dan bermain dengan kekuatan membuat perbedaan besar di lapangan. Jadi, kami hanya harus melakukan yang terbaik dan bermain di level tertinggi kami,” tandasnya. (fin/tgr)

PERKIRAAN PEMAIN

RB Leipzig (4-2-3-1): Peter Gulacsi (pg); Lukas Klostermann (c), Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg, Angelino; Konrad Laimer, Kevin Kampl; Marcel Sabitzer, Dani Olmo, Christopher Nkunku; Yussuf Poulsen

Pelatih: Julian Nagelsmann

PSG (4-3-3): Sergio Rico (pg); Thilo Kehrer, Thiago Silva (c), Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Angel Di Maria, Marquinhos, Idrissa Gueye; Neymar, Mauro Icardi, Kylian Mbappe

Pelatih: Thomas Tuchel

Venue: Estadio da Luz, Lisbon

Kick-off: SCTV/Champions TV 1 (19/8) Pukul 02.00 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *