Ingatkan Nelayan, Gelombang di Perairan Laut Cirebon Masih Tinggi

oleh -165 views
Danlanal-Cirebon
Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yunardi ditemui usai memberikan sembako di Kampung Kegiren, Kota Cirebon, Rabu (9/9). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Gelombang tinggi hingga sangat tinggi masih berpeluang muncul di perairan laut Cirebon. Hal ini disampaikan Komandan Lanal (Danlanal) Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yunardi.

“Kondisi laut Cirebon di musim angin timur gelombang agak tinggi. Untuk tinggi gelombangnya sekitar 2 hingga 3 meter. Ini sangat membahayakan bagi nelayan yang menggunakan perahu tradisional. Namun sejauh ini belum ada kecelakaan laut akibat gelombang tinggi ini di perairan laut Cirebon,” ungkapnya, Rabu (9/9).

Afif Yunardi mengatakan, Lanal Cirebon terus melakukan pemantauan di laut dan pesisir pantai. Di pesisir pantai ada pos-pos Angkatan Laut yang terus memantau kondisi laut.

Baca juga:

1 Kasus Baru Covid-19 Kabupaten Cirebon Meninggal

Truk Oleng dan Rem Blong Hantam dan Tindih Mobilio di Gronggong

Sejumlah Organisasi Advokat di Cirebon Bela PRA Luqman Zulkaedin

“Nah, kami sekarang ada Babinpotmar yang tugas memberikan sosialisasi dan pengarahan kepada masyarakat khusus masyarakat pesisir. Jadi, jika nelayan hendak melaut, maka Babinpotmar akan memberitahukan kondisi cuaca dan gelombang di laut apakah aman atau tidak,” katanya.

Danlanal mengimbau agar para nelayan, khususnya di wilayah Cirebon dan sekitarnya agar lebih waspada saat melaut.

“Saya mewanti-wanti agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat nelayan pergi melaut tanpa persiapan matang. Dan nelayan harus melengkapi alat pengaman minimal membawa pelampung. Saya juga mengimbau nelayan untuk selalu memantau prakiraan cuaca yang dirilis BMKG,” pungkasnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *