CIREBON– Tim STMIK IKMI Cirebon berhasil menyumbangkan 1 emas, 3 perak, 3 perunggu dari kompetisi link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri berbasis e-learning dan e-competition Arubalympics.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Aruba bekerja sama dengan Aptikom dan Ekoji Academy. Pencapaian luar biasa itu menempatkan posisi STMIK IKMI Cirebon pada urutan ke 15 dari 500 perguruan tinggi se Indonesia.

STMIK IKMI yang mengirimkan 6 wakilnya, terdiri dari 2 dosen yaitu Martanto, MKom, dan Irfan Ali, MKom serta 4 mahasiswa yang terdiri dari Chaidir Ali, Fauzi, Ines Sholekha, Rubangiya. Mereka tergabung dalam kontingen Provinsi Jawa Barat.

Kompetisi Arubalympics sendiri berlangsung selama 2 minggu. Dibuka pada tanggal 3 agustus 2020 dan ditutup pada tanggal 17 agustus 2020 melalui live streaming Youtube.

Koordinator tim STMIK IKMI, Martanto MKom menjelaskan, Setiap peserta diwajibkan memahami materi yang diberikan berupa video di website e-learning ekoji. Setelah mempelajari video tersebut, peserta diwajibkan mengerjakan soal sebanyak 25 soal dengan waktu 20 menit. Peserta yang mengerjakan dengan nilai sempurna dan waktu tercepat akan mendapatkan medali.

“Peserta yang mengerjakan dengan nilai sempurna dan waktu tercepat akan mendapatkan medali. Medali ini dibagikan setiap harinya sebanyak 25 perunggu, 15 Perak dan 10 Emas,” jelas Martanto.

Martanto menambahkan Aruba merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT  bekerjasama dengan Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) dan Ekoji Academy memberikan beasiswa kepada 500 kampus informatika untuk mengikuti pelatihan berbasis e-learning dengan tema The Intelligence Campus Network 4.0.

Materi pelatihan itu meliputi The New Campus Wireless Standard Wifi, Next Generation IT Experience with CX Switch , Remote Teaching and Learning Solution,  Network First Line Defense of Cyber Threat, Beware with Invisible Devices in Your Network,  Simple but Secure Network Security, Switch Technology Analytics with Artificial Intelligence, Academian Experience Insight, Artificial Intelligence in Future Wireless Network.

Pada akhir program, 25 perguruan tinggi yang paling banyak memperoleh Certificate of Appreciation akan mendapatkan penghargaan khusus berupa Arubalympics Campus of the Year Award yang dikeluarkan oleh Aruba International dan di-endorsed oleh berbagai asosiasi profesi informatika di Indonesia. Dengan menduduki peringkat ke 15, tim STMIK IKMi pun atas penghargaan Arubalympics Campus of the Year Award.

“Tentunya ini menjadi kebanggan tersendiri bagi STMIK IKMI. Karena bisa mengalahkan universitas universitas yang sudah punya nama besar ditingkat nasional,” ungkapnya. (awr/opl)