Keraton Kacirebonan Tetap Laksanakan Tradisi Panjang Jimat, Begini Penjelasan Sultan

oleh -1.171 views
Sultan-Kacirebonan
Sultan Keraton Kacirebonan, Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat saat ditemui radarcirebon.com di Keraton Kacirebonan, Rabu (23/9). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Keraton Kacirebonan tetap melaksanakan tradisi panjang jimat. Hal itu disampaikan Sultan Keraton Kacirebonan, Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat menanggapi keluarnya surat wali Kota Cirebon terkait peniadaan acara muludan.

“Pelaksanaan panjang jimat di Keraton Kacirebonan tetap dilaksanakan. Namun dilakukan menyesuaikan kondisi saat sekarang dengan menyederhanakan upacara,” kata Abdul Gani di Keraton Kacirebonan, Rabu (23/9).

Sultan menjelaskan, pelaksanaan upacara panjang jimat di malam pelal dengan arak-arakan akan diganti. “Jadi biasanya jimat yang diarak secara khusus dan dipertontonkan kepada masyarakat diganti dengan pembawaan piring panjang jimat seperti biasa,” jelasnya.

Baca juga:

Tradisi Panjang Jimat Ditiadakan, Diganti Pembacaan Barzanji, Zikir, dan Doa

Patih Kanoman: Pasar Malam Muludan Sama Saja dengan Pasar Tradisional

Sembuh dari Covid-19, Kang Yani: Virus Ini Nyata dan Mudah Menular

Pangeran Raja Abdul Gani mengatakan, tradisi panjang jimat kemungkinan akan diselenggarakan di ruang Prabayaksa.

“Kalau tidak digelar di langgar, acara maulidan akan diselenggarakan di ruang Prabayaksa dengan menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Masih kata Sultan, tradisi panjang jimat tahun 2020 di Keraton Kacirebonan tidak mengundang tamu.

“Bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi dianjurkan tidak membawa rombongan yang banyak, cukup perwakilan saja. Bagi yang memaksakan diri untuk datang atau karena ketidaktahuan diharap menjaga jarak, mencuci tangan dan bermasker serta tidak menginap di keraton,” ucapnya.

Sultan Kacirebonan mengimbau masyarakat bisa mengikuti malam pelal maulidan dengan membaca doa di rumah masing-masing. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *