Sudah Duluan, Tiongkok Suntik Vaksin Covid-19 untuk Ribuan Warga

oleh -83 views
sinovac-vaksin-corona
Ilustrasi

BEIJING – Tiongkok sudah menyuntik vaksin Covid-19 pada ribuan orang. Mereka yang mendapat vaksin adalah pekerja di perusahaan milik negara.

Kemudian pejabat pemerintah dan staf perusahaan vaksin. Selanjutnya guru, karyawan supermarket, dan orang-orang yang bepergian ke daerah berisiko di luar negeri.

Pejabat Tiongkok juga sudah mencoba menyuntik vaksin tersebut. Tiga kandidat vaksin sedang disuntikkan ke pekerja yang dianggap penting oleh pemerintah.

Para pejabat sedang menyusun rencana untuk memberikan suntikan kepada lebih banyak orang.

Tiongkok sedang berlomba dengan Amerika Serikat dan negara lain untuk mengembangkan vaksin. Selain Tiongkok, sebelumnya di Rusia, adalah negara pertama yang menyetujui vaksin bahkan sebelum uji coba selesai.

Tidak jelas berapa banyak orang di Tiongkok yang menerima vaksin virus corona. Sinopharm, sebuah perusahaan milik negara Tiongkok dengan kandidat vaksin dalam uji coba tahap akhir. Mereka mengatakan ratusan ribu orang telah menerima suntikannya. Phoenix Television yang berbasis di Hong Kong mengatakan bulan ini bahwa jurnalisnya telah diberi vaksin Sinopharm.

Sinovac, sebuah perusahaan yang berbasis di Beijing, mengatakan lebih dari 10 ribu orang di Beijing telah disuntik dengan vaksinnya. Secara terpisah, dikatakan hampir semua karyawannya dan keluarga mereka juga sudah disuntik.

Kepala Institut Vaksin Internasional, Jerome Kim, mengatakan dia ingin tahu apakah pihak berwenang Tiongkok menindaklanjuti dampak para penerima vaksin. Dia khawatir bahwa bisa saja penerima vaksin mengalami risiko. (yud/JP)

Tonton video berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *