Tips Agar Anak Patuh Pakai Masker

oleh -16 views
MASKER
ILUSTRASI

VIRUS COVID-19, bisa menyerang siapa saja. Tak mengenal jenis kelamin maupun usia. Anak-anak pun juga bisa terpapar. Karena itu, anak juga harus dilindungi. Salah satunya mengajarkan disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).

“Mengajarkan anak agar mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 memang tidak mudah. Terlebih jika anak itu masih berusia balita,” kata penyintas COVID-19, Made Rossalita Mirah Utami, dalam siaran pers di Youtube BNPB, Kamis (8/10).

Dia membagikan pengalamannya mengajarkan anak yang masih berusia 1,5 tahun hingga patuh menggunakan masker saat keluar rumah. Dia bercerita, sebagai seorang ibu yang pernah dinyatakan positif COVID-19, tentu dirinya tak ingin jika anaknya ikut terinfeksi.

Karena itu, dia dan suami selalu memberi contoh kepada anaknya. Seperti selalu menggunakan masker setiap kali keluar rumah. “Jadi dia melihat bahwa ibu saya pakai masker, bapak saya pakai masker. Kita harus konsisten kepada anak bahwa keluar itu harus pakai masker. Sama seperti hal kecil. Misalnya, kalau keluar itu harus pakai sandal,” jelas Made.

Ketika hendak keluar rumah dan anak tak ingin menggunakan masker, Made akan memberitahunya dengan cara yang lembut. “Kalau keluar rumah nggak pakai masker, kita nggak jadi pergi,” lanjutnya. Begitu juga kebiasaan cuci tangan. Dia juga mengajarkan hal itu kepada anaknya.

Hal-hal kecil seperti itu terus dilakukan Made dan suaminya. Hingga anaknya merasa terbiasa menggunakan masker saat keluar rumah. “Jadi sekarang dia mengerti kalau keluar itu pasti nunjuk masker dan selalu dipakai,”tuturnya.(fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *