Siapkan Satu Hotel Lagi untuk Isolasi

oleh -115 views

CIREBON – Terus bermunculannya penambahan kasus terkonfirmasi positif Corona yang mesti menjalani isolasi mandiri, membut satgas penanganan Covid-19 Kota Cirebon mulai kembali mempertimbangkan untuk mencari failitas ruang isolasi tambahan.

Saat ini, ruang isolasi yang ready adalah gedung diklat BKKBN dengan kapasitas 40 tempat tidur, dan Hotel Langensari dengan kapasitas 38 kamar. Namun, saat ini pasien positif Kota Cirebon dengan status masih dalam proses isolasi nyaris menyentuh 150 orang.

Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cirebon dr Sri Laelan Erwani menyebutkan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan salah satu hotel lagi di kawasan Jalan Siliwangi untuk dijadikan fasilitas ruang isolasi tambahan.

“Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi, jika terjadi kondisi outbreak yang jumlahnya banyak. Maka pasien positif yang tidak kemungkinan mengisolasi mandiri di rumahnya, dapat terlayani karena audah tersedia fasilitas ruang isolasi tambahan,” terangnya.

Dia menyebutkan, di hotel tersebut terdapat 52 kamar. Namun, kepastian untuk menjadikannya fasilitas ruang isolasi tambahan masih menunggu perkembangan berikutnya. Karena dalam hal penambahan kasus terkonfirmasi positif, jumlahnya sangat fluktuatif. Kadang melandai beberapa hari, tapi di hari tertentu bisa membeludak sampai lebih dari 20 orang penambahan.

Menurutnya, fasilitas ruang isolasi di gedung BKKBN meskipun kapasitasnya 40 bed, tapi itu hanya terbagi dalam 8 kamar. “Kalau dulu biasanya pasien positif yang punya hubungan keluarga inginnya tidak dicampur dengan yang lain, saat ini akan diberlakukan pengisian sesuai jenis kelamin, serta lama masa isolasi. Sekarang kalau ada pasien yang mau isolasi jumlahnya banyak, asal jenis kelaminya sama dan waktu terkonfirmasi tidak berbeda jauh, kita masuk-masukan saja. Karena kapasitas jumlah kamarnya makin menipis,” paparnya.

Sedangkan, di Hotel Langensari, walaupun terdapat 40 kamar yang dikontrak Satgas Covid selama tiga bulan, tapi kapasitas maksimalnya hanya 38 kamar, masing-masing isi dua. Sebab 2 kamar dipakai posko dan tempat istirahat tim medis.

Sementara itu, update penambahan kasus Covid-19 di Kota Cirebon per Sabtu 10 Oktober mengalami penambahan sebanyak 7 orang, dengan jumlah total kasus keseluruhan semasa pandemi mencapai 348 orang. Saat ini, 143 di antaranya masih dalam status isolasi/perawatan, 187 selesai isolasi atau sudah sembuh, dan 18 lainya sudah meninggal dunia. (azs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *