Zona Merah, Bioskop di Bandung Mulai Buka

oleh -78 views

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung telah mengizinkan bioskop untuk dibuka kembali, meskipun saat ini masih berstatus zona merah atau daerah dengan tingkat kerawanan covid-19 tinggi.

Wali Kota Bandung Oded M Danial beralasan, tidak ada pengetatan di sektor hiburan yang sudah direlaksasi karena tidak ada kemunculan klaster baru COVID-19, sehingga tidak ada pengurangan kapasitas dan jam operasional tempat hiburan.

“Masih tetap buka seperti yang telah diberikan relaksasi sebelumnya, karena sampai sekarang tidak ada klaster baru di sektor yang direlaksasi itu,” kata Oded.

Ada puluhan tempat hiburan malam yang telah diberikan izin operasional di masa AKB, izin diberikan untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Dalam hal ini, Pemkot Bandung tidak mengubah Peraturan Walikota Perwal Nomor 37, 46, dan 52 Tahun 2020 tentang AKB.

“Kami tidak akan mengeluarkan Perwal baru. Adapun jika PSBM diberlakukan, akan diatur dalam Keputusan Wali Kota,” katanya.

Mal dan pusat perbelanjaan juga masih beroperasi sesuai Perwal lama.”Jadi tetap relaksasi merujuk pada perwal yang sudah ada,” tukasnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kebijakan untuk relaksasi tempat hiburan atau usaha berada di bawah kewenangan pemerintah kota/kabupaten. Namun, ia memastikan Pemkot Bandung harus bertanggung jawab, andaikata relaksasi bioskop ini malah membuat klaster baru.

“Itu kebijakan lokal, kita monitor saja. Pada prinsipnya harus bertanggung jawab terhadap apa yang diputuskan kalau ternyata aman ya secara teori dan benar, kalau enggak harus bertanggung jawab terhadap perkiraan yang keliru,” ujar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (9/10).

Pemkot Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mengizinkan agar bioskop kembali dibuka. Kadisbudpar Bandung Dewi Kenny Kaniasari.

Kenny menyebut, dari 15 bioskop yang ada di Kota Bandung, baru sembilan bioskop yang dilakukan relaksasi. “Total sembilan bioskop, dari 15 bioskop di Kota Bandung,” ujarnya.

Kenny menambahkan untuk bioskop yang belum dibuka itu karena belum mengajukan permohonan. “Ada yang belum ajukan permohonan saja,” pungkasnya. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *