Pecak Ikan Menggugah Selera Makan

oleh -25 views
LEZAT: Menu Ikan Pecak bisa menggugah selera makan dan cocok disantap saat siang hari. ABDULLAH/RADAR CIREBON

CIREBON-Menu kuliner ini sederhana. Tapi, ketika racikan bumbu dan cara memasaknya tepat, maka akan menjadi menu spesial. Menu kuliner ini adalah Pecak Ikan.

Menurut Chef P Sianna Kaur, menu ini lebih pas disajikan saat siang hari sehingga semakin mengguga selera makan.

“Tidak ada kekhusunan jenis ikannya, boleh ikan apa saja yang ada di rumah. Bisa Ikan panggang atau smoky fish,” kata Sianna yang merupakan anggota Komunitas Kuliner Jalan Sutera kepada wartawan koran ini, kemarin.

Dijelaskan Sianna, bahan-bahan yang perlu dipersiapan, berupa ikan panggang atau smoky fish, cabai merah keriting 5 biji, cabai rawit 10 biji, bawang merah 5 siung, terasi, kencur satu ruas, santan dan gula jawa.

Lalu bagaimana cara memasaknya? Sianna menjelaskan, cara memasak dimulai dengan menggoreng ikan panggang atau ikan segar apa saja.

Lalu, goreng cabai keriting, cabai rawit, bawang merah, terasi dan kencur. Lalu bumbu itu diangkat dan diulek kasar dan dikasih tambahan gula jawa sedikit.

Selanjutnya, sambung Sianna, rebus santan dari seperempat kelapa lalu diguyurkan di atas sambal yang sudah diulek, kemudian diaduk sampai rata. Setelah matang, sajikan ikan di atas santan dan siap disantap dengan aneka lalapan. Selamat mencoba. (abd)

Bahan-bahan:

Ikan segar atau ikan panggang

Cabai merah keriting 5 biji

Cabai rawit 10 biji,

Bawang merah 5 siung,

terasi,

Kencur satu ruas,

Santan  

Gula jawa

Cara Memasak:

  1. Dimulai dengan menggoreng ikan.
  2. Goreng cabai keriting, cabai rawit, bawang merah, terasi dan kencur. Lalu bumbu itu diangkat dan diulek kasar dan dikasih tambahan gula jawa sedikit.
  3. Rebus santan dari seperempat kelapa lalu diguyurkan di atas sambal yang sudah diulek, kemudian diaduk sampai rata.
  4. Setelah matang, sajikan ikan di atas santan dan siap disantap dengan aneka lalapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *