Bersihkan Wayang Pusaka, Keraton Kacirebonan Lakukan Tradisi Ngisis

oleh -66 views
Ngisis-Wayang-Kulit-Pusaka-Keraton-Kacirebonan
Ratusan wayang kulit diangin-angin di ruang Prabayaksa Keraton Kacirebonan. FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Keraton Kacirebonan masih melakukan tradisi Ngisis. Ngisis adalah tradisi pembersihan wayang pusaka berusia ratusan tahun yang dilakukan oleh dalang dan para abdi dalem.

Elang Iyan Ariffudin, Kepala Unit Kepurbakalaan Keraton Kacirebonan kepada radarcirebon.com mengatakan, tradisi Ngisis ini khusus dilakukan setiap bulan Sura dan hari Jumat Kliwon.

“Tradisi ngisis itu agar wayang kulit yang ada di dalam peti kotak tetap bersih dan kuat dari usianya yang kian bertambah. Kami punya dua kotak berisi wayang yakni Kotak Jimat dan bentuk wayangnya Kidang Kencana ukurannya lebih kecil dan tidak dikeluarkan. Kemudian kotak bernama Kotak Anggon yang wayangnya dimainkan hanya 1 tahun sekali tiap bulan Sura,” katanya.

Baca juga:

Angka Kematian Covid-19 Kabupaten Cirebon Melebihi Provinsi dan Nasional

Kota Cirebon Dapat Hibah Pariwisata Rp22 M, Buat Apa?

Kalau Sampai Jadi Provinsi Sunda, Selly: Saya yang Pertama akan Protes

Elang Iyan menyebutkan, wayang kotak Anggon biasa dipagelarkan di Prabayaksa Keraton Kacirebonan.

“Jadi selain setiap bulan 1 Sura, wayang kotak Anggon juga dimainkan kalau ada keluarga Keraton yang menggelar hajatan. Jumlah wayang yang ada di Kotak Jimat sebanyak kurang lebih 150 wayang sedangkan di Kotak Anggon sebanyak sekitar 200 wayang,” sebutnya.

Masih kata Elang Iyan, perhatian khalayak ramai terhadap kebudayaan bangsa sudah terlupakan khususnya kesenian wayang kulit

“Kami tak henti-henti akan terus menggelar tradisi-tradisi sebagai upaya melestarikan budaya Cirebon dan Nusantara. Semoga kesesnian dan budaya Cirebon tetap lestari sebagai warisan nusantara,” harapnya.

Pantauan radarcirebon.com, ratusan wayang kulit pusaka itu terlihat disusun tergantung untuk diangin-angin beberapa jam. Kemudian, wayang kulit tersebut dimasukkan kembali ke dalam kotak penyimpanannya tersusun rapih. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *