Seperti Ini Desain Trotoar Siliwangi yang Sekarang Sedang Diperbaiki

oleh -241 views
trotoar-jl-siliwangi-cirebon
Desain trotoar Jl Siliwangi, Kota Cirebon,

CIREBON – Penataan trotoar sebagian Jalan RA Kartini dan Jalan Siliwangi tengah. Bahkan progresnya sudah nampak. Namun, banyak yang bertanya-tanya seperti apa nantinya penampakan fasilitas pejalan kaki tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR), Syaroni ATD MT menjelaskan, mengacu pelaksaan awal sampai sekarang seharusnya sudah lebih dari 10 persen.

Melihat desainnya, penataan trotoar di Jalan Siliwangi dan Kartini ini akan dibangun dengan menggunakan sistem full beton. Diikuti dengan sistem pewarnaan dengan teknologi yang masih jarang digunakan di Indonesia.

Di tahap kontruksi badan trotoar akan dibangun dengan beton berkualitas tinggi dengan sedikit pelebaran. Kemudian di atas beton basah, akan diterapkan sistem stamp dekoratif, atau decorative concrete dengan menerapkan berbagai motif.

Motif beton berpola yang dilukiskan di atas trotoar, dibuat secara tematik. Sehingga di sepanjang Jalan Siliwangi, motif trotoarnya akan berbeda-beda.

Seperti dicontohkan trotoar di bagian Alun-alun Kejaksan, akan diterapkan motif bata merah menyesuaikan dengan bangunan alun-alun.

Sistem pewarnaan ini, akan memunculkan keindahan tersendiri, karena nantinya hasil pewarnaan akan memberikan efek timbul.

Sistem seperti ini sendiri belum begitu banyak diterapkan di Indonesia, namun beberapa daerah sudah melakukan, seperti Jakarta dan Bandung.

Dibanding sistem pembangunan trotoar dengan batu alam, sistem ini memang dari segi anggaran tidak jauh berbeda. (abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *