Waduk Darma Naik Kelas, Pemda Diminta Sinergi

oleh -139 views
NAIK KELAS: Waduk Darma Kabupaten Kuningan yang telah selesai direvitalisasi dan diharapkan dapat menjadi destinasi pariwisata yang lebih dikenal. FOTO: HUMAS JABAR/RADAR CIREBON

KUNINGAN – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta Pemkab Kuningan bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk mengisi konten pariwisata di Waduk Darma. Event pariwisata ini penting untuk promosi Waduk Darma secara global.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– mengatakan, syarat mutlak sebuah destinasi wisata internasional adalah kebersihan dan fasilitas lengkap. Sampah yang masih bertebaran ditambah fasilitas pendukung yang buruk menjadi kartu mati yang membuat wisatawan tidak betah dan dijamin tidak akan kembali lagi.   

“Pengelola (Waduk Darma) agar lebih tegas lagi menegur para wisatawan yang masih buang sampah sembarangan,” ucap Kang Emil.

Gubernur meminta Bupati Kuningan selalu menyinkronkan program pariwisatanya dengan Pemda Provinsi Jabar. Sinkronisasi program pariwisata ini penting agar multiplier effect dapat dirasakan masyarakat secara maksimal.

Proyek pembangunan sudah dimulai Juni 2019 dengan anggaran Rp60 miliar dimulai dari penataan darat. Sebelum itu, Pemda Provinsi Jabar telah mememfasilitasi event internasional seperti Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata Waduk Darma kerja sama Pemkab Kuningan dan Kementerian Pariwisata. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *