Pelaku Pembunuhan Yulia Akhirnya Ditangkap, Terduga Pelakunya Lebih dari 1?

oleh -438 views
Polisi melakukan olah TKP mobil Yulia (42), istri kerabat Presiden Jokowi yang menjadi korban pembunuhan. Foto: Radar Solo

SUKOHARJO – Misteri pembunuhan terhadap istri kerabat Presiden Joko Widodo (Jokowi), Yulia (42), mulai terungkap. Saat ini, polisi dikabarkan sudah mengamankan satu orang yang diduga menjadi pelaku pembunuhan terhadap istri dokter spesialis saraf, dr Achmad Yani itu.

Kabar penangkapan terduga pelaku pembunuhan Yulia itu pun dibenarkan Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Iskandar F Sutisna. Kendati demikian, Iskandar masih belum mau mengungkap secara detil identitas dan kronologis penangkapan pria tersebut.

Hanya saja, Iskandar mengisyaratkan bahwa pelaku tidak hanya satu orang saja. “Semetara baru satu orang yang diamankan,” tuturnya, Kamis (22/10).

Saat ini, sambungnya, penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pria terduga pelaku pembunuhan Yulia. “Malam ini akan dilakukan gelar perkara hasil penyidikan untuk menentukan status orang yang diamankan,” jelasnya.

Berdasarkan hasil otopsi, polisi memastikan Yulia adalah korban pembunuhan. “Mobil sengaja dibakar dari bagian belakang,” ungkap Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo, Kamis (22/10).

Fakta lainnya, Yulia diduga lebih dulu dianiaya sebelum dibakar bersama mobilnya. Pasalnya, ditemukan luka memas di bagian kepala kiri belakang yang diduga disebabkan benda tajam atau benda tumpul.

“Hingga saat ini sudah ada delapan orang saksi yang diperiksa, baik dari keluarga korban maupun warga sekitar,” papar dia. Untuk diketahui, pembunuhan terhadp Yulia itu diketahui setelah warga melaporkan ada mobil terbakar di Cendana Baru, Desa Sugihan, Bendosari, Sukoharjo, Selasa (21/10) malam.

Saat ditemukan, tangan Yulia dalam kondisi terikat dan tertelungkup di bagian belakang mobil Daihatsu Xenia dengan nopol AD 1526 EA. Berdasarka penelusuran Yulia adalah seorang pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Wonogiri.

Yulia adalah istri kedua dr Achmad Yani. Sebaliknya, dr Achmad Yani juga merupakan suami kedua Yulia. Keduanya menikah saat sama-sama berstatus duda dan janda.

Yulia memiliki dua alamat, yakni di Solo dan Wonogiri. Di Solo, Yulia tinggal di rumah suaminya di Kampung Gambuhan, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon.

Sedangkan di Wonogiri, Yulia memiliki KTP dengan alamat Dusun Bulak RT 02 RW 04, Desa Nambangan Kecamatan Selogiri. Sejak menikah, pasangan Achmad Yani dan Yulia tinggal di Wonogiri selama 10 tahun terakhir.

Rumahnya di Baluwarti Solo ditempati oleh keluarga Achmad Yani yang masih kerabat Jokowi. Rumah tersebut bahkan dijadikan sebagai posko relawan pasangan calon walikota dan wakil walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

Di rumah inilah jenazah Yulia disemayamkan sebelum dimakamkan pada Rabu, 21 Oktober 2020.(jpg/ruh/pojoksatu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *